JAKARTA, RADARMETRO.DISWAY.ID -- Shopee Indonesia resmi meluncurkan 'Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas,' program kompetisi berbentuk reality show pertama dari Shopee yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM, Senin (29/9/2025).
Antusiasmenya luar biasa, tercatat lebih dari 1.300 UMKM dari berbagai kota di Indonesia ikut mendaftar, hingga akhirnya terpilih 20 finalis terbaik. Mereka akan bersaing melalui 6 tantangan bisnis berbeda demi memperebutkan total modal usaha Rp1 miliar sekaligus gelar ‘Jagoan UMKM’.
Menurut Head of Corporate Affairs Shopee Indonesia, Satrya Pinandita, program ini lahir sebagai bentuk dukungan nyata Shopee untuk membantu UMKM naik kelas.
"UMKM merupakan pilar penting bagi perekonomian Indonesia, karenanya penting untuk terus memberikan dukungan bagi perkembangan mereka agar bisa naik kelas. Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, Program ini hadir dengan semangat untuk mempromosikan lebih banyak usaha UMKM melalui bentuk tayangan atraktif, agar lebih banyak masyarakat bisa lebih mengenal kualitas produk dan pengusaha UMKM di Indonesia," ujarnya.
"Untuk pengusaha UMKM lainnya, kami berharap ada juga hal yang bisa dipelajari dari berbagai tantangan yang kami berikan di setiap episodenya," tambah Satrya Pinandita.
Program ini menghadirkan deretan nama besar sebagai juri dan mentor. Ada Daniel Mananta (Host & Entrepreneur) dan Lizzie Parra (Founder & CMO BLP Beauty) sebagai juri utama.
Selain itu, setiap episode juga mendatangkan juri tamu dan mentor berbeda, mulai dari Menteri UMKM RI Maman Abdurrahman, Muhammad Sadad (Founder ERIGO), Haykal Kamil (ZM Zaskia Mecca), hingga Najla Bisyir (CEO Bittersweet by Najla).
Dengan segudang pengalaman, mereka siap berbagi masukan dan ilmu langsung kepada para finalis. Lizzie Parra bahkan mengaku bangga bisa ikut serta.
“Aku senang sekali bisa jadi bagian dari program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas. Sebuah kesempatan luar biasa bisa bertemu langsung dengan puluhan pengusaha UMKM hebat yang punya skill serta dedikasi luar biasa dalam mengembangkan usaha mereka," ungkapnya.
Ia juga mengatakan bahwa ada banyak knowledge baru yang bisa didapatkan penonton dari acara ini, termasuk bagaimana cara mengelola bisnis yang berkelanjutan dan cara beradaptasi di era digital saat ini.
"Aku berharap semakin banyak orang yang mengapresiasi dan bangga untuk membeli produk UMKM setelah menonton acara ini,” jelas Lizzie.
BACA JUGA:Bintangi Iklan Terbaru Shopee 9.9, Girl Group Hearts2Hearts Bikin Heboh Netizen!
6 Tantangan Bisnis Bagi Para Jagoan UMKM
Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas hadir dalam 6 episode dan menghadirkan rangkaian tantangan bisnis yang meliputi aspek kewirausahaan mulai dari marketing, keuangan, logistik, operasional, hingga pengembangan produk.
Seluruh tantangan dirancang khusus untuk menguji keterampilan para pengusaha UMKM secara holistik dalam mengembangkan usahanya di era digital.