Pemkot Metro Bagikan 140 KMC ke Guru Ngaji di Metro Barat

Rabu 18-09-2024,18:12 WIB
Reporter : Ria Riski AP
Editor : Devi Oktaviansyah

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Pemerintah Kota Metro mulai menyalurkan sebanyak 140 Kartu Metro Ceria (KMC) kepada guru ngaji se-Metro Barat.

Adapun penyerahan KMC tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Metro Wahdi di Aula Kelurahan Ganjar Agung, Rabu 18 September 2024.

Dikonfirmasi awak media, Wahdi mengatakan pembagian KMC kepada guru ngaji akan diberikan untuk seluruh wilayah di Kota Metro. Adapun total KMC yang diberikan tersebut sebanyak 763 kartu. 

"Kalau untuk di Metro Barat alhamdulillah ada 140 guru ngaji. Sedangkan untuk seluruh Metro kurang lebih 736 penerima manfaat," terangnya.

Ia menjelaskan, KMC merupakan kartu yang dapat digunakan untuk berbagai program pemerintah atau akses kebutuhan masyarakat.

"Misalnya berobat, insentif guru ngaji, beasiswa, dan sebagainya. Karena sekarang kita sudah bicara transaksi elektronikfikasi. Jadi semua transaksi harus terbuka transparan, supaya keuangan negara efisien dan efektif," ujarnya.

BACA JUGA:3 Perwira di Polres Metro Resmi Berganti, Ini Pesan Kapolres!

Menurutnya, program KMC tersebut dilakukan sesuai dengan dengan anjuran Preside ynag tertuang dalam Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 dan tentang perlindungan sosial. 

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Metro, Subehi mengemukakan bahwa Pemerintah Kota Metro mempunyai Program KMC yang tertuang dalam amanah Perda Kota Metro Nomor 7 tahun 2021.

Di mana isinya tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Metro tahun 2021-2026.

Program tersebut, kata dia, merupakan salah satu dari program prioritas Wali Kota Metro yang telah tertuang dalam RPJMD dan harus dilaksanakan.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi misi Kota Metro," jelasnya.

"Jadi Kartu Metro Cerita ini salah satu program prioritas, yaitu sebuah kartu yang banyak manfaat," katanya.

Diakuinya bahwa KMC ini akan menghimpun berbagai bantuan masyarakat dari pemerintah setempat. Di mana program tersebut akan diinput dalam kartu tersebut. 

"Apabila seseorang menerima bantuan apa saja akan terlihat saat barcode, orang tersebut penerima manfaat apa saja. Kartu ini juga berfungsi sebagai ATM, untuk menabung, penarikan Mbanking," paparnya. 

Kategori :