5 Buah Ini Penyebabnya Asam Lambung Kambuh

5 Buah Ini Penyebabnya Asam Lambung Kambuh

Foto: Beragam buah yang mudah ditemui sehari-hari. Ternyata beberapa di antaranya menjadi penyebab asam lambung kambuh.-(MH Naim)-

RADARMETROBuah-buahan merupakan sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. Karena kandungannya yang beraneka ragam, seperti vitamin, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya.

Namun, pada kasus tertentu konsumsi buah juga sangat tidak disarankan, terutama berkaitan dengan penyakit. Sehingga, buah dianjurkan untuk dikonsumsi tidak melebihi batas bakhkan buah tertentu menjadi pantangan.

Di mana buah-buah dengan kandungan tertentu, misalnya kandungan asam yang tinggi tidak diperkenankan bagi pengidap asam lambung.

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung adalah gangguan pencernaan di mana cairan asam lambung “naik” hingga mencapai kerongkongan, porses itu di sebut refluks asam lambung.

Produksi zat asam di lambung yang tinggi memicu asam lambung naik. Penderita akan merasakan kerongkongan terbakar hingga mulut terasa pahit. Bahkan, perut penderita juga terasa kurang nyaman, seperti begah hingga kehilangan nafsu makan.

Mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan pH asam tinggi menjadi salah satu pemicu produksi asam lambung yang berlebih. Berikut radametro.disway.id rangkumkan buah-buahan yang memicu asam lambung naik.

1. Apel Hijau

Apel menjadi buah yang kaya air dan vitamin A,C,K serta B9 atau asam folat. Selain tiu pada jenis apel hijau mengandung tinggi vitamin C dan serat.

Apel hijau umumnya memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan apel merah, sehingga menjadi buah pantangan asam lambung. Asam yang tinggi pada buah apel hijau inilah yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung. 

Konsumsi berlebihan, dapat berisiko memperparah gejala penyakit asam lambung.

2. Cabai

Cabai merupakan salah satu jenis buah yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.  Pun dengan olahan dari cabai, seperti saus pedas, makanan pedas, dan lain sebagainya.

Hal ini karena zat capsaicin pemberi rasa pedas pada cabai bisa menyebabkan iritasi di dinding lambung serta meningkatkan produksi asam lambung. Iritasi pada kerongkongan dan kotak suara kemudian bisa memperparah keluhan asam lambung.

3. Jeruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: