Bawaslu Lampung Gandeng OKP Wujudkan Pemilu 2024 Kondusif dan Demokratis

Bawaslu Lampung Gandeng OKP Wujudkan Pemilu 2024 Kondusif dan Demokratis

Foto: Kedatangan KAMMI Lampung disambut baik oleh Bawaslu Lampung.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung gandeng sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) tingkat provinsi untuk bersama-sama mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 berjalan kondusif dan demokratis.

Bawaslu dan OKP Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Lampung jalani pertemuan di Kantor Bawaslu Lampung, Jum'at (17/3/2023). Pertemuan itu membahas tentang keterbukaan dalam ruang Pemilu.

"Peran dalam pemilu terbuka untuk siapapun, termasuk peran partisipan pasti sangat membantu dalam penyelenggaraan dan pengawasan proses pemilu di Provinsi Lampung dan KAMMI hadir siap mengawal Pemilu yang cerdas dan mencerdaskan bagi masyarakat," ujar Habibbulloh Al Ansyor selaku Ketua Umum KAMMI Lampung.

Dalam kesempatan tersebut ketua KAMMI Lampung memastikan, organisasi di bawah kepemimpinannya siap dalam kolaborasi pengamanan di tiap-tiap penyelenggaraan Pemilu. Mengingat, anggota KAMMI juga tersebar di berbagai wilayah di Provinsi Lampung.

"Di KAMMI Sendiri melalui Bidang POLHUKAM PP KAMMI mempunyai program Lembaga Pengawas Pemilu atau LPP yang sudah terakreditasi yang tentu saja bisa di kolaborasikan dengan Bawaslu Lampung," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lampung Hermansyah mengatakan, pihaknya terbuka untuk siapapun terlibat dalam pengawasan Pemilu.

Bawaslu Lampung akan menyiapkan tim Pemantau Pemilu 2024 untuk mewadahi para partisipan yang akan membantu proses pengawasan.

"Bawaslu sendiri memiliki program kerja yang bisa dikolaborasikan dengan organisasi mahasiswa terutama tentang pemantauan pemilu, dan kami sangat terbuka jika KAMMI Lampung ingin bergabung dalam tim pemantau Pemilu," ujar Hermansyah.

Di kesempatan yang sama, koordinator Humas Bawaslu Lampung M Teguh berharap, dengan keterlibatan organisasi pemuda di bagian pengawasan dapat meminimalisir benturan sosial kalangan pemuda. 

"Kita bisa bersama-sama membangun dinamika Pemilu yang kondusif dan demokratis," tutur M Teguh.

Kedatangan KAMMI disambut oleh Ketua Bawaslu Lampung diwakili Oleh Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa BPK. Hermansyah, didampingi M. Teguh, selaku Koordinator Devisi Humas, Data dan Informasi Bawaslu Lampung.

Jalannya audiensi itu, Ketua KAMMI Lampung Habibbulloh Al Ansyor, dibersamai Kabid HUMAS KAMMI Lampung Ridwansyah dan beberapa pengurus KAMMI Lampung lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: