Indeks SINTA UM Metro Jadi Tolak Ukur Kampus Lain

Indeks SINTA UM Metro Jadi Tolak Ukur Kampus Lain

Foto: Rektor UM Metro Dr Jazim Ahmad dan jajaran saat menyambut rombongan kaji banding dari UM Palembang.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Universitas Muhammadiyah (UM) Metro memiliki skor Science and Technology Index (SINTA) tertinggi di lingkungan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Lampung.

Dengan skor Sinta 3Yr di atas 36.000, UM Metro menjadi percontohan kampus serumpun di bawah Persyarikatan Muhammadiyah.

Hal itu terbukti dari kunjungan UM Palembang pada Sabtu (18/3/2023) lalu. Pertemuan ke dua kampus tersebut dalam rangka mempererat silaturahmi sekaligus kaji banding perkembangan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

"Tata kelola penelitian di UM Palembang masih madya, ingin mempelajari mengenai tata kelola UM Metro agar dapat meraih peringkat Utama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat," ujar Wakil Rektor I UM Palembang Prof Indrawan.

Prof Indrawan menambahkan, pihaknya juga tertarik atas jam terbang birokrasi UM Metro. Seperti halnya Rektor UM Metro Dr Jazim Ahmad yang pernah menjadi pembicara di LLDikti Wilayah II mengenai success story. 

"Itu membuat UM Palembang menjadi tertarik untuk mengetahui tata kelola di UM Metro," tambahnya.

Rombongan UM Palembang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I Prof Indrawan. Turut membersamai juga ketua LPPM Dr Gusmiatun, ketua publikasi, ketua penelitian, dan juga ketua pusat pengabdian kuliah kerja nyata (KKN) UM Palembang.

Rektor UM Metro Dr Jazim Ahmad menyampaikan, pihaknya terbuka untuk semua kampus dalam hal peningkatan mutu pendidikan. 

"Tentunya kami menyambut baik silaturahmi saudara kita dari Palembang, kolaborasi penulisan dan publikasi hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di UM Metro dan UM Palembang," tutur Dr Jazim Ahmad.

BACA JUGA:Klitih di Lampung

Dr Jazim Ahmad menambahkan bahwa keberhasilakn pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari konsistensi dari unit LPPM UM Metro dalam mengelola mutu di UM Metro.

Hal senada juga disampaikan kepala LPPM UM Metro Royin. Bahwa penjaminan mutu UM Metro berpedoman pada high quality and improvement. 

"LPPM UM Metro dalam mengelola pencapaian indexs SINTA dilakukan dengan mengundang dan mengumpulkan para peneliti dan pelaksana pengabdian untuk memahami pentingnya indeksasi SINTA denga melaporkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kepada LPPM," kata Royin.

Selain itu, kata Royin, pihaknya juga mengeluarkan kebijakan check similiarity dalam memaksimalkan kualitas karya tulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: