Penyakit Anjing Gila Tewaskan 2 Sapi Di Bali

Penyakit Anjing Gila Tewaskan 2 Sapi Di Bali

Foto: Ilustrasi--

RADARMETRO - Penyebaran virus rabies atau yang biasa disebut penyakit anjing gila makin meresahkan.

Penyakit yang ditularkan melalui hewan penular rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan kera tersebut kembali memakan korban.

Terbaru dilaporkan terjadi kasus rabies yang terbilang tidak biasa dimana dua ekor sapi mati akibat terinfeksi rabies setelah diduga diserang oleh HPR di Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, pada Kamis (13/7/2023) lalu.

Warga menyebutkan sebelum mati sapi-sapi tersebut mengalami perubahan perilaku dan menunjukkan gejala seperti ciri hewan rabies dimana sapi tidak mau makan dan mengeluarkan liur berlebih.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan Pangan) Jembrana yang mendapat laporan langsung melakukan pengecekan dan menyatakan kedua sapi tersebut positif terinfeksi rabies.

"Karena ada kecurigaan, kami mengambil sampel dan mengirimkannya ke Laboratorium BBVet Denpasar. Pada 13 Juli 2023, hasilnya menunjukkan bahwa sapi tersebut positif rabies," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan (Distan Pangan) Jembrana, I Wayan Widarsa, Senin (17/7/2023).

BACA JUGA:Resiko Kematian Tinggi, Segera Lakukan Ini Jika Tergigit Hewan Rabies

Untuk mencegah meluasnya penularan, petugas dari Distan Pangan langsung memberi vaksin anti rabies (VAR) kepada pemilik sapi.

"Sebagai antisipasi (penularan ke manusia) kita upayakan berikan VAR. Itu karena penularan rabies tidak hanya karena gigitan.

Jika ada air liur hewan positif rabies masuk ke bagian kulit yang luka, maka akan tertular.

Apalagi sampai terjadi gigitan, maka yang kontak atau sempat digigit harus disuntik VAR," ujar Widarsa.

Petugas Distan Pangan juga melarang pemilik serta warga sekitar untuk tidak mengkonsumsi atau memperjual belikan daging hewan yang mati akibat virus rabies tersebut.

Sepanjang 2023 ini di Jembrana telah tercatat 2 orang meninggal dunia dengan suspek rabies, sementara untuk hewan, laporan yang masuk ada 52 kasus rabies dimana 50 anjing dan 2 sapi  dialporkan positif terpapar rabies.

BACA JUGA:Waspada! Masyarakat Diimbau Segera ke Faskes Jika Tergigit Hewan Rabies

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: