Lulus Sekolah Langsung Kerja, SMK N 3 Terbanggi Besar Hadirkan Solusinya

Lulus Sekolah Langsung Kerja, SMK N 3 Terbanggi Besar Hadirkan Solusinya

Foto: SMKN 3 Terbanggi Besar bergerak dibidang Garmen-(Aan Putra)-

RADARMETRO-  Dunia fashion menjadi salah satu kebutuhan yang tak terpisahkan di era modern ini. Betapa tidak, tak hanya kaula muda saja yang ingin tampil gaya dan menarik, namun fenomena emak-emak berseragam kompak juga ikut meramaikan dunia fashion saat ini.

Tak dipungkiri lagi, dunia fashion memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini mendorong berbagai pihak untuk berlomba-lomba menciptakan busana sesuai permintaan pasar.

Nah, di SMKN 3 Terbanggi Besar menjadi salah satu SMK yang menghasilkan busana-busana yang tak kalah dengan karya desainer ternama. Semua busana dibuat oleh para siswa mulai dari desain hingga terbentuk sebuah baju.

Menariknya, di SMKN 3 Terbanggi Besar telah  bekerjasama dengan PT Ungaran Semarang yang bergerak dibidang garmen.

Hal itu dikatakan Kepala SMKN 3 Nurhasanah saat menggelar tatap muka bersama beberapa kepala sekolah SMP dan SMK belum lama ini. Ia mengatakan di SMK ini terdapat lima jurusan yang kesemua nya telah teruji dan mampu mengantarkan siswa-siswinya ke dunia kerja.

"Ada jurusan pekerja sosial yang nantinya bisa bekerja langsung di dinas sosial sebagai konsultasi perawatan sosial, lalu tata busana desain baju, menjahit dan lainnya. Kemudian jurusan listrik, tentunya bisa bekerja di semua perusahaan. Selanjutnya ada desain komunikasi visual (Dkv) bisa membuat desain kotak nasi, gelas minuman, Iklan, foto grafer dan lainnya. Terakhir ada Teknik audio video (Tav) bisa buat  sound system dan service benda benda elektronik," ujar Nurhasanah

Saat ini pilihan yang tepat untuk siswa-siswi SMP setelah lulus nantinya, bisa masuk pada jurusan tata busana. Ini merupakan jurusan yang banyak dipilih selain jurusan lainnya yang juga menjadi salah satu kebutuhan di era modern

BACA JUGA:Pelantikan Kepala Disdukcapil, Pemkot Metro Tunggu Persetujuan Mendagri

Proses pembelajaran di sini terbilang sangat menyenangkan. Siswa-siswi dibiarkan untuk berkarya membuat model baju sesuai keinginannya. Setelah jadi kemudian ditampilkan dalam suatu pagelaran.

"Fashion yang ditampilkan adalah buatan tangan anak sendiri dan pernah menjadi juara umum  tingkat nasional pada acara fashion show yang menyelenggarakan dibidang entertainment. Dan tentunya semua jurusan didukung dengan guru yang mumpuni," tambahnya lagi.

Namun karena keterbatasan anggaran dan belum adanya unit produksi, pihak sekolah belum mampu untuk masuk sampai tingkat pemasaran.

Akan tetapi, hal itu bukanlah menjadi kendala, di SMK ini telah mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Ungaran Semarang yang bergerak dibidang garmen (pakaian jadi yang diproduksi secara massal).

"Tak hanya dibidang menjahit, di PT itu bisa juga masuk siswa dari jurusan lainnya seperti, kelistrikan dan pemasaran yang nanti difasilitasi sekolah dengan syarat siswa lulusan terbaik langsung diterima dengan seleksi sekolah," ungkapnya.

Prinsipnya adalah, bagaimana sekolah ini mampu menciptakan lapangan kerja bagi siswa yang telah lulus. Jadi, siswa-siswi lulusan SMP tak perlu bingung dalam menentukan pilihan ketingkat lanjutan, mari bergabung bersama di SMKN 3 Terbanggi Besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: