Alumni Mentereng, UI Jadi Kampus Terbaik di Indonesia 2023

Alumni Mentereng, UI Jadi Kampus Terbaik di Indonesia 2023

Foto: Universitas Indonesia, Jalan Margonda Raya, Pondok Cinta, Kota Depok, Jawa Barat. -(Istimewa)-

RADARMETRO - Universitas Indonesia (UI) menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Salah satu kriterianya karena melahirkan alumni-alumni yang memiliki pengaruh besar pada perkembangan Indonesia.

Mulai dari Mantan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri Putri, Pengusaha tersohor Chairul Tanjung, hingga Comika terkenal Raditya Dika.

UI menduduki peringkat 1 kampus terbaik di Indonesia versi EduRank 2023 berdasarkan tiga kriteria yakni akademik, non-akademik, dan alumni.

Selain terbaik di Indonesia, UI juga unggul di kancah perguruan tinggi skala internasional. Mulai dari peringkat ke-170 di dunia dan 32 di Asia

"Direktori tersebut mencakup lulusan terkenal dan mantan mahasiswa bersama dengan penelitian dan staf akademik," tulis EduRank 2023.

Posisi UI sebagai kampus terbaik diikuti oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan menempatkan sebagai kampus dengan peringkat terbaik ke-673 di dunia dan 122 di Asia.

Dan di peringkat ketiga sebagai kampus terbaik di Indonesia yakni, Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus ITB bercokol pada posisi terbaik ke-800 di dunia serta 161 di Asia.

Salah satu penilaian terdiri dari peran alumni yang sampai saat ini namanya masih mentereng.

Berikut 5 alumni UI yang sampai saat ini namanya masih menghiasi dunia politik, wirausaha, hingga artis terkemuka di Indonesia:

BACA JUGA:Sukseskan Rakernas I PJS di Palembang, DPP Gelar Rapat Evaluasi dengan Panitia Pelaksana

1. Megawati Soekarnoputri

Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri merupakan Presiden Indonesia kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.

EduRank mencantumkan nama Megawati di nomer pertama daftar alumni UI. Megawati pernah mengungkapkan bahwa Ia menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UI pada 1970. 

Karir di dunia politik sampai saat ini masih dijalankan oleh Megawati sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: