Akhir Tahun Google "Bersih-Bersih", Ini Cara agar Email Tak Dihapus

Akhir Tahun Google

Foto: Ilustrasi--

RADARMETRO - Google terus meningkatkan sistem keamanan akun penggunanya. Namun salah satu cara "bersih-bersih" ala Google ini, kemungkinan justru merepotkan penggunanya sendiri. Untuk itu, kita musti bersiap supaya akun Gmail kita tidak dihapus oleh sistem Google

Bagi yang tidak ingin kehilangan alamat Gmail, Anda bisa melakukan enam langkah berikut yang dijabarkan oleh Google: 

1. Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email

2. Gunakan Google Drive

3. Pakai untuk menonton video YouTube

4. Unduh aplikasi di Google Play Store

5. Menggunakan Google Search untuk browsing

6. Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga

Selain itu Anda bisa menggunakan akun Google untuk langganan seperti Google One, publikasi berita, atau aplikasi, juga dihitung sebagai aktivitas. Selain itu, Anda harus masuk ke Google Photos setiap dua tahun agar dianggap akun yang aktif.

BACA JUGA:KPK Tetapkan Kepala Basarnas Sebagai Tersangka, Langsung Ditahan

Sebab menurut Google, bukan cuma akun Gmail yang akan terdampak oleh kebijakan ini. Melainkan semua ekosistem di Google Workspace. Antara lain mencakup Docs, Drive, Meet, dan Calendar.

Google juga memutuskan hal yang sama berlaku bagi akun YouTube dan Google Photos. Akun dan akses keduanya juga turut dihapus jika pengguna tak aktif selama dua tahun.

"Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery (jika tersedia)," ungkap Google.

Akhir tahun ini, Google menyatakan akan "bersih-bersih" akun Gmail yang lama tidak dipakai. Langkah ini menurut Google, karena akun Gmail gratis yang lama tidak aktif kurang aman dan rentan terhadap penyalahgunaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: