9 Manfaat Jalan Kaki Dipagi Hari Bagi Kesehatan

9 Manfaat Jalan Kaki Dipagi Hari Bagi Kesehatan

Foto: Jalan kaki dipagi hari memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh-(Istimewa)-

RADARMETRO - Pagi hari mungkin bagi kebanyakan orang bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga. Padatnya kesibukan terkadang membuat orang melupakan pentingnya olahraga.

Padahal, melakukan olahraga dipagi hari dapat memberikan banyk manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak perlu melakukan olahraga yang terlalu banyak menguras tenaga, kamu bisa melakukan olahraga ringan yang dapat dilakukan disekitar rumah, contohnya jalan kaki.

Jalan kaki di pagi hari adalah cara sederhana untuk membuat tubuh tetap bugar. Kesegaran yang didapatkan di pagi hari mulai dari udara dan lingkungan akan berdampak terhadap tubuh.

Selain memberikan manfaat bagi tubuh, berjalan kaki dipagi hari juga bisa membantu mental kita lebih sehat untuk memulai hari. Melansir dari laman halodoc, berikut sejumlah manfaat yang bisa kita dapat dari berolahraga jalan kaki dipagi hari.

1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan adalah manfaat jalan kaki yang pertama. Berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori dalam tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Berjalan kaki dengan santai merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Jika jalan kaki dilakukan secara teratur, maka akan memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah.

3. Mencegah Stroke

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah mencegah penyakit stroke. Hal tersebut dapat terjadi jika dilakukan 5 kali dalam seminggu, dengan waktu 30 menit setiap sesinya. Selain mencegah , berjalan kaki juga dapat membantu pemulihan bagi orang yang mengalami stroke.

BACA JUGA:Sambangi Lampura, KPK

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Jalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah serta membantu manajemen insulin pada diabetes Tipe 2. Berjalan kaki akan membuat sel-sel dalam tubuh menggunakan glukosa yang tidak terpakai, sehingga lemak dalam tubuh dapat diolah dengan baik, dan menurunkan risiko obesitas.

5. Cegah Arthritis dan Osteoporosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: