Terpesona Bulan dan Venus Berdampingan di Malam Ramadan

Terpesona Bulan dan Venus Berdampingan di Malam Ramadan

Foto: Telihat pemandangan menakjubkan bulan berbentuk sabit, diujungnya nampak planet venus berukuran kecil bercahaya terang pada 2 Ramadan 1444 H/2023 M.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Masyarakat berbagai daerah di Indonesia ditakjubkan dengan kemunculan planet venus bercahaya terang tepat berada diujung bulan sabit pada Jumat (24/3/2023) malam. Peristiwa itu disebut okulasi venus dan bulan.

Pemandangan menakjubkan di malam hari itu turut disaksikan warga Kota Metro selepas berbuka puasa

“Iya dari abis magrib tadi melihat bulan sabit, terus diujungnya ada bintang apa pelanet itu bercahaya,” ujar Diki. 

Namun kejadian itu tak berselang lama dibarengi cuaca mendung di langit Kota Metro, Lampung.

“Sehabis tarawih tadi udah mulai hilang ketutup mendung kayaknya,” tambahnya.

Hal menakjubkan yang terjadi bertepatan dengan 2 Ramadan 1444 Hijriah ini, nampaknya menjadi venomena menarik bagi masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Sederet Fakta Satpam Curi Beras di Gudang Bulog Metro

Pasalnya di beberapa akun media sosial juga ramai warga membagikan tangkapan foto bulan yang berdampingan dengan planet venus.

Menurut Peneliti Antariksa BRIN, Andi Pangerang, seperti dikutip dari situs Edukasi Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), peristiwa ini disebut dengan okultasi venus dan bulan. 

Okultasi adalah fenomena langit saat objek langit berjarak lebih dekat dari Bumi menghalangi objek langit berjarak lebih jauh dari Bumi.

Objek langit yang menghalangi objek langit lainnya memiliki lebar sudut yang lebih besar dibandingkan dengan objek yang dihalangi. 

Kondisi ini berlawanan dengan transit di mana lebar sudut objek langit yang menghalangi objek yang lebih kecil dibandingkan objek langit yang menghalangi.

BACA JUGA:Ditandatangani Ketum NasDem, Demokrat, dan PKS, Sepakat Berikan Kebebasan Anies Pilih Cawapres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: