Briptu. Tiara Nissa Zulbida Jadi Lulusan Terbaik di Akademi Kepolisian Turkiye

Briptu. Tiara Nissa Zulbida Jadi Lulusan Terbaik di Akademi Kepolisian Turkiye

FOTO: LULUSAN TERBAIK: Polwan Indonesia, Briptu. Tiara Nissa Zulbida berjabat tangan dengan Presiden Turkiye, Recep Tayyip Erdogan, ketika jadi salah satu lulusan terbaik dalam "The First Level Police Chief Training and the Non Thesis Master Degree" yang -(Istimewa)-

RADARMETRO - Viral beredar video pendek berisi seorang polisi wanita (polwan) Indonesia tengah berbicara dan berjabat tangan dengan Presiden Turkiye, Recep Tayyip Erdogan. polwan berhijab nan berparas manis itu ternyata adalah Brigadir Polisi Satu (Briptu) Tiara Nissa Zulbida. Selain fasih berbahasa Turkiye ketika berhadapan dengan Recep Tayyip Erdogan, Tiara Nissa Zulbida juga menjadi salah satu lulusan terbaik Akademi Kepolisian Turkiye, Ankara. 

Prestasi salah satu polwan Indonesia itu, lantas membuat Presiden Turkiye menitipkan salam untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dari video viral yang beredar, Presiden Erdogan terlihat berjabat tangan lebih lama dan mengirimkan salam untuk rekannya, Presiden Jokowi, begitu mengetahui peserta di hadapannya adalah seorang Indonesia.

Briptu. Tiara Nissa Zulbida yang menerima salam itu, terlihat percaya diri berbincang dengan Presiden Erdogan dalam bahasa Turkiye.

Dilansir dari Kompas.com, peristiwa tersebut terjadi pada saat wisuda pelatihan capacity building "The First Level Police Chief Training and the Non Thesis Master Degree" yang berlangsung di Akademi Kepolisian, Turkish National Police, Ankara, Turkiye, pada Rabu (26/7/2023) lalu.

BACA JUGA:Rektor Mispani Buka Suara Pelaksanaan Konferwil XI Lampung di UMALA

"Pesan persaudaraan yang dikirimkan oleh Presiden Erdogan kepada Presiden Jokowi, menunjukkan hubungan kedua bangsa dalam dan mengakar. Indonesia mendapat tempat khusus di hati pemimpin dan masyarakat Turkiye, sebagaimana pemimpin dan rakyat Turkiye juga memperoleh tempat spesial di hati orang Indonesia," ucap Duta Besar Indonesia untuk Turkiye, Lalu Muhamad Iqbal, mengomentari peristiwa itu sekaligus menerima ketiga anggota Polri tersebut di KBRI Ankara pada Jumat (28/7/2023). 

Briptu. Tiara Nissa Zulbida menempati peringkat kelima lulusan terbaik dan menjadi satu-satunya peserta asing perempuan terbaik pada pelatihan itu. Menjadi lulusan terbaik, Briptu.

Tiara Nissa Zulbida memperoleh kehormatan menyampaikan pidato dalam bahasa Turkiye di hadapan Presiden Erdogan dan seluruh tamu undangan yang hadir. 

"Ini pertama kalinya anggota Polri memperoleh predikat lulusan terbaik. Keberhasilan ini merupakan prestasi Polri di Turkiye," ungkap Atase Kepolisian RI di Ankara Kombes Pol Harviadhi Agung Pratama, yang hadir pada acara wisuda dengan Duta Besar RI, dikutip dari keterangan tertulis KBRI Ankara.

Pelatihan capacity building "The First Level Police Chief Training and the Non Thesis Master Degree" yang diikuti Polwan Indonesia tersebut, berlangsung selama 1,5 tahun dan setara dengan program Master. Pelatihan ini diikuti oleh 87 peserta didik internasional dari 16 negara. Termasuk tiga peserta dari Indonesia. Selain Briptu.

Tiara Nissa Zulbida dari Polda Jawa Timur, peserta dari Indonesia, yaitu Ipda. Regina Setiawan dari Polda Kepri, dan Bripka. Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat (Jabar). 

BACA JUGA:PWI Lampura Persiapkan Pelatihan Kehumasan bagi Guru SD-SMP Sederajat

KBRI Ankara melaporkan, kerja sama Kepolisian RI-Turkiye sendiri terlihat semakin meningkat dalam lima tahun terakhir. Pelatihan ini merupakan implementasi kerja sama kepolisian kedua negara yang semakin progresif yang tertuang dalam Memorandum of Intent (MoI) Technical Arrangement on Police Education and Training yang ditandatangani pada 2017 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: