Fraksi DPRD Metro Beri Catatan LKPJ Walikota Metro

Fraksi DPRD Metro Beri Catatan LKPJ Walikota Metro

Foto: Sejumlah Fraksi DPRD Kota Metro memberikan catatan atas oenyampaikan LKPJ Walikota Metro tahun anggaran 2022.-(Ria Riski AP)-

RADARMETRO - Sejumlah Fraksi DPRD Kota Metro kembali memberikan catatan atas penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Metro tahun anggaran 2022. 

Seperti disampaikan Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Metro. Melalui Juru Bicaranya, Indra Jaya, Fraksi Golkar meminta kepada Pemerintah Kota Metro untuk mempertahankan dan  memaksimalkan sumber-sumber pendapatan daerah. Ini seperti meningkatkan pendapatan yang berasal dari retribusi dan pajak daerah

"Upaya ini dengan penataan dan pendataan ulang NJOP dengan dibarengi peningkatan kinerja dan pengawasan pada penarikan retribusi daerah. Kami juga meminta agar dapat mencermati pendapatan dana transfer pemerintah pusat yang tidak dapat terealisasikan 100%," paparnya, Senin (27/3/2023). 

Tak hanya itu, Fraksi Partai Golkar juga menilai perlu penanganan TPA Karangrejo, infrastruktur jalan, penanganan banjir, penambahan lampu penerangan jalan umum dan optimalisasi peningkatan infrastruktur peralatan serra SDM di Rumah Sakit Umum Daerah Sumbersari.

BACA JUGA:Sekda Ingatkan Pejabat dan ASN Tak Buka Bersama, ini Alasannya...  

Meski demikian, Fraksi Partai Golkar mengapresiasi pencapaian Pemerintah Kota Metro atas prestasi dan komitmen untuk selalu bekerja lebih baik demi terwujudnya tata kelola keuangan dan pemerintahan yang baik, bersih sesuai dengan harapan masyarakat Kota Metro. 

"Masih adanya kekurangan yang disampaikan dalam keterangannya belum selesai audit oleh BPK kami minta kepada Walikota agar menginstruksikan SKPD terkait untuk segera membenahi, memperbaiki dan menindaklanjutinya," pesannya. 

Sementara itu, Didik Sunanto dari Fraksi PDIP DPRD juga menyoroti perbaikan infrastruktur pada bidang pendidikan. Ia mengatakan, untuk menunjang fisik kota pendidikan maka pemerintah daerah perlu dapat terus meningkatkan kualitas SDM dan sarana prasarana lembaga pendidikan. Ini dengan pengadaan komputer, pengadaan meubeler meja kursi yang sudah rusak baik tingkat TK, SD, dan SMP. 

Selain itu, Fraksi PDIP juga menyoroti pembangunan di bidang kesehatan. Ia mengungkapkan, bahwa diperlukan peningkatan dan pengembangan RSUD Sumbersari Bantul agar lebih diprioritaskan. Kemudian diperlukan adanya peningkatan fasilitas penunjang alat-alat kesehatan.

"Seperti obat-obatan, peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM pada Rumah Sakit Sumbersari. Sehingga semakin mendukung upaya mewujudkan derajat kesehatan  masyarakat," ungkapnya.

Senada disampaikan Fraksi PKS DPRD Kota Metro. Melalui Juru Bicaranya, 

Wasis Riyadi meminta pemerintah daerah agar melakukan pembaharuan data pada pos pajak dan retribusi daerah yang realisasinya tidak bisa mencapai 100%. 

"Walaupun secara keseluruhan pendapatan asli daerah bisa mencapai 103,5%, yang menopang realisasi sektor pendapatan daerah sehingga menjadi 100,65%. Namun 

pada sektor pendapatan asli daerah dari sektor retribusi daerah hanya mencapai 81,28%," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: