Launching Tiyuh Zakat Tubaba Ditunda, Kenapa?

Launching Tiyuh Zakat Tubaba Ditunda, Kenapa?

FOTO: PERSIAPAN TIYUH ZAKAT: Ketua Baznas Kabupaten Tubaba, H. Purwanto bersama jajaran bersiap meluncurkan Tiyuh (Desa) Zakat.-(Dirman)-

RADARMETRO - Persiapan peluncuran Tiyuh (Desa) Zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tulangbawang Barat, melaksanakan Seminar Sadar Zakat dan Audiensi dengan Pj. bupati setempat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada (02/08/2023). Adapun Seminar Sadar Zakat dipusatkan di GSG Tiyuh Margodadi, Kecamatan Tumijajar. Sedangkan untuk audiensi dengan Pj. Bupati Tubaba, dilakukan di ruang kantor bupati setempat.

"Seminar dan Audiensi tersebut kita lakukan dalam rangka persiapan launching Tiyuh Zakat Tubaba yang semula direncanakan pada 9 Agustus 2023 mendatang bersama Pemkab di Tiyuh Margodadi sebagai percontohan.

Namun, untuk launching tersebut ternyata masih harus kita tunda terlebih dahulu sampai waktu yang belum ditentukan, karena masih menunggu arahan dari Gubernur," kata Ketua Baznas Tubaba, H. Purwanto, kepada translampung.id, (03/08/2023).

Meski ditunda, kata dia, pihaknya tetap melaksanakan Seminar Sadar Zakat sebagai persiapan pelaksanaan program Tiyuh Zakat yang turut dihadiri dari Baznas Provinsi Lampung, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Kementerian Agama Tubaba, BPJS Ketenagakerjaan, dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam memberikan materi

"Untuk Seminar Gerakan Sadar Zakat diikuti sekitar 150 peserta dari kalangan pengusaha, pengurus Masjid, imam Masjid, Aparatur Tiyuh, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan KUA se Tubaba," terangnya.

BACA JUGA:Polres Pringsewu Turun Tangan Pantau Ketersediaan Elpiji 3 Kg

Dirinya menjelaskan, tujuan dilakukannya Seminar Sadar Zakat adalah untuk meningkatkan kesadaran penting nya Zakat untuk kesejahteraan umat, dan bagaimana cara pengelolaan serta pemanfaatan dana Zakat yang lebih baik dan optimal.

"Untuk kegiatan Seminar Sadar Zakat itu kita laksanakan kemarin malam.

Siangnya kita terlebih dahulu Audiensi dengan Pj.Bupati M.Firsada yang saat ini menjabat di Tubaba dalam rangka bersilaturahmi, perkenalan diri, dan menyampaikan berbagai program kerja Baznas, sebab sejak bapak Firsada menjabat kita belum pernah audiensi," ujarnya.

Lanjut dia, untuk diketahui, program Tiyuh Zakat merupakan gerakan sadar Zakat yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah, Baznas, Kementerian Agama dan DMI Kabupaten Tubaba, sebagai sebuah gagasan yang disambut positif dalam mensukseskan program sadar Zakat dari muzaki untuk berbagi kepada mustahik dengan tujuan mulia yaitu, mengentaskan kemiskinan dan mengatasi stunting, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalani kewajibannya untuk Zakat, Infaq dan Shodaqoh, yang dikemas melalui program Tiyuh Zakat.

"Pada program Tiyuh Zakat, kita juga menyerahkan SK UPZ untuk Masjid dan Mushola, serta pembagian kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk Marbot Masjid.

BACA JUGA:Spesialis Pencurian Motor di Lampung Tewas Ditembak Polisi

Oleh karenanya, kami berharap dan memohon doanya kepada masyarakat muslim Tubaba, agar kegiatan positif ini bisa berjalan dengan sukses kedepannya," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: