Penelitian Payung Semua Untung

Penelitian Payung Semua Untung

FOTO: Dua Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Metro foto bersama dengan Direktur Pascasarjana UM Metro Dr. Agus Sutanto, M.Si., saat menyerahkan tugas akhir dari penelitian payung-(Barnas Rasmana)-

RADARMETRO - Direktur Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (UM) Metro Dr. Agus Sutanto, M.Si., yang juga dosen di Program Magister Pendidikan Biologi UM Metro libatkan dua mahasiswa Program Studi Tadris Biologi IAIN Metro dalam penelitian payung. Dua mahasiswa Tadris Biologi IAIN Metro ialah Viola Maharani dan Revina Intan Sari.

Dr. Agus Sutanto menyebut penelitian payung membangun proses kolaboratif antara dosen dan mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa yang terlibat dalam penelitian payung bersama dosen berpeluang memperoleh data penelitian yang bisa digunakan untuk tugas akhir skripsi ataupun tesis.

Sekaligus mendapatkan bimbingan yang intensif dari dosen pembimbing karena mahasiswa berkewajiban untuk lulus studi tepat waktu.

“Mahasiswa yang ikut penelitian payung dengan dosen berpotensi lulus kuliah tepat waktu karena dari awal mereka dilibatkan dalam proses pencarian data, pengolahan data dan analisis data yang muaranya data penelitian yang diperoleh bisa mereka gunakan untuk menyusun skripsi ataupun tesis,” kata Dr. Agus Sutanto.

“Keuntungan lain tentu mahasiswa belajar berkolaborasi, terbantu dalam hal pembiayaan dan memiliki luran atau produk berupa artikel yang bisa dipublikasi di jurnal ilmiah dan bisa diseminarkan di seminar internasional,” imbuh Dr. Agus Sutanto.

Dr. Agus Sutanto juga menjelaskan bahwa penelitian payung di UM Metro diadakan setiap tahun baik itu pada jenjang strata 1 ataupun strata 2.

BACA JUGA:Warek III UM Metro Ikuti Munas APAKAH PTMA

Dan dalam pelaksanaannya, penelitian payung bisa dilaksanakan lintas perguruan tinggi, dan lintas program studi.

Viola Maharani, mahasiswa Program Studi Tadris Biologi IAIN Metro mengaku bahwa tugas akhir skripsinya merupakan hasil dari tindaklanjut penelitian payung bersama Dr. Agus Sutanto, dengan judul “Pengaruh Variasi Pupuk Cair dan Kompos Organik Pumakkal Terhadap Pertumbuhan dan Jumlah daun Pada Tanaman Anggur Isabella (Vitis Labursca) Sebagai Sumber Belajar Biologi”.

“Sekitar 6 bulan saya dilibatkan dalam penelitian payung bersama bapak Dr. Agus Sutanto, tempat penelitiannya di Green House Pumakkal Pascasarjana UM Metro.

Alhamdulillah penelitian payung bersama dosen ini sangat membantu dan saya merasa lebih produktif karena dari program ini bisa menghasilkan produk berupa buku petunjuk praktikum artikel terpublikasi jurnal ilmiah dan tugas akhir skripsi,” ungkap Viola.

Senada, Revina Intan Sari rekan Viola yang juga terlibat dalam penelitian payung bersama Dr. Agus Sutanto menerangkan bahwa dengan penelitian payung dirinya mendapatkan pengalaman terkait proses penelitian.

“Penelitian yang dilakukan waktu itu tentang perlakuan pupuk organik Pumakkal terhadap tanaman Anggur Isabella dan dalam prosesnya saya jadi mengetahui bagaimana menyiapkan media tanam, menyiapkan lokasi, menanam, sampai perawatan tanaman anggur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: