Korlantas Resmi Hapus Tes Angka 8 dan Zig-zag Dalam Materi Ujian Praktik SIM C

Korlantas Resmi Hapus Tes Angka 8 dan Zig-zag Dalam Materi Ujian Praktik SIM C

Foto : Ujian praktik SIM C untuk sepeda motor berupa angka 8 dan zig-zag dihapus.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi hapus tes angka 8 dan zig-zag dalam materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Santyabudi dan akan mulai berlaku Senin 7 Agustus 2023.

"Kami sudah memberlakukan beberapa revisi terkait ujian praktik SIM, intinya dipermudah," ujar Firman dikutip dari laman resmi humas Polri, Jumat (4/8/2023).

Firman menyebutkan saat ini korlantas mengganti materi ujian yang sebelumnya berbentuk angka 8, kini membentuk huruf S dan materi zig-zag atau slalom kini ditiadakan.

Selain merubah dan menghapus materi ujian praktik, Korlantas Polri juga menetapkan ukuran lebar lintasan ditambah menjadi 2,5 kali lebar kendaraan dari yang sebelumnya hanya 1,5 dari lebar kendaraan.

Korlantas Polri juga kini meluncurkan buku ujian materi SIM A dan C agar dapat dipelajari masyarakat sebelum menjalani tes teori dan kurikulum terbaru ini diharapkan mampu mempermudah para peserta ujian SIM.

BACA JUGA:Kenakalan Remaja Jadi Atensi Disdikbud Kota Metro Awal Tahun Ajaran 2023/2024

Dalam skema ujian praktik SIM C terbaru akan ada 5 rintangan yang akan jadi poin penilaian dalam, yakni awal berjalan, berhenti dekat kotak kuning, putar balik, lintasan ‘S’, dan menghindari halangan di akhir. Adapun kecepatan rata-rata yang digunakan adalah sebesar 30 kpj.

Firman mengatakan hari Senin esok seluruh jajaran diharapkan sudah menyiapkan materi dan lintasan ujian SIM C yang baru hingga skema ujian yang baru bisa langsung diterapkan.

"Senin nanti masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres sudah bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat pada sore hari ini" pungkasnya.

Berikut perubahan materi ujian praktik SIM C:

1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zig-zag test atau slalom test.

2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S.

BACA JUGA:Hasil Musda, Rian Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD PJS Kepri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: