Berikut Ini Tiga 'Doktor' Kandidat Calon Rektor UM Metro

Berikut Ini Tiga 'Doktor' Kandidat Calon Rektor UM Metro

RADARMETRO – Tiga dosen bergelar Doktor (Dr) menjadi kandidat Rektor Uiversitas Muhammadiyah (UM) Metro masa khidmat 2023-2027. Kini berkas ketiga calon rektor itu telah diserahkan kepada Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah untuk selanjutkan ditetapkan menjadi rektor terpilih.

Dua diantaranya merupakan dosen PNS di kampuas UM Metro yakni, Dr. Nyoto Suseno, M.Si., dan Dr Achyani, M.SI. Sementara kandidat terakhir yakni Dr. Muhammad Ihsan Dacholfany, M.Ed. merupakan dosen yayasan non-PNS.

Panitia Pemilihan (Panlih) Rektor UM Metro Handoko Santoso menjelaskan, pihaknya sejak akhir tahun 2022 telah melakukan penjaringan bakal calon rektor baru UM Metro untuk menggantikan posisi Jazim Ahmad yang akan berakhir April 2023 mendatang.

“Proses itu dimulai dari rapat paripurna senat untuk menyusun tata tertib terkait dengan pemilihan dan pencalonan bakal rektor,” ujarnya saat dikonirmasi radarmetro.id, Selasa (18/2/2023).

Tahap awal penjaringan, kata Handoko, sebanyak 22 nama dosen UM Metro diusulkan untuk mengikuti proses selanjutnya dalam kontestasi pencalonan Rektor UM Metro masa khidmat 2023-2027. Namun, hanya 8 orang dosen yang mengisi berkas kesediaan.

“Kemudian setelah penjaringan apa nama-nama itu kemudian di mintai untuk kesediaannya, apakah sedia atau tidak, kemudian terpilih lah ada 8 nama yang bersedia,” bebernya.

Pada tahap selanjutnya, 8 orang bakal calon tersebut dimintai pra-syarat menjadi rektor. Selain itu juga mereka turut mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah, dan pemaparan visi dan misi calon rektor.

Setelah proses tersebut dilalui para bakal calon rektor, dari berbagai penilaian berdasarkan syarat yang telah ditetapkan oleh Panlih, keluarlah tiga nama calon terpilih yang akan mengikuti tahapan terakhir yakni penetapan sebagai Rektor UM Metro. 

“Kemudian baru setelah itu, hari berikutnya dilaksanakan pemilihan untuk memilih tiga besar yang kemudian kita beri nama istilahny calon terpilih,” imbuhnya.

Handoko menambahkan, masa penetapan calon rektor menjadi rektor terpilih akan dilakukan oleh PP Muhammadiyah. Proses tersebut dibatasi dari Januari hingga Maret 2023. Setelah ditetapkan, pelantikan Rektor UM Metro masa khidmat 2023-2027 itu direncanakan akan berlangsung di bulan April tahun ini.

Di sisi lain, Handoko menganggap ke tiga calon rektor tersebut sama-sama memiliki jam terbang sebagai pimpinan struktural di UM Metro. Segudang pengalaman yang seimbang, kata Handoko, siapapun yang terpilih dari ke tiganya dapat membawa UM Metro jauh lebih baik dengan catatan saling bekerjasama semua pihak.

“Saya memandang semuanya InsyaAllah memiliki catatan pengalaman baik di UM Metro, apabila nanti diamanahi menjadi Rektor UM Metro semoga dapat bekerjasama dengan seluruh civitas akademika, dengan sama-sama siapapun rektornya akan membawa UM Metro lebih baik,” tandasnya.

Mengenal lebih dekat tiga kandidat Calon Rektor UM Metro masa khidmat 2023-2027. Berikut rentetan prestasi akademik hingga pengalaman di berbagai jabatan struktural kampus maupun Persyarikatan Muhammadiyah.

Yang pertama, Dr. Nyoto Suseno, M.Si, merupakan putra kelahiran Lampung tepatnya di daerah Pekalongan, Lampung Timur pada 1967 silam. Alumni SMA Negeri 1 Metro tahun 1985 menyelesaikan Program Sarjana (S1) Pendidikan Fisika UNILA pada tahun 1990. Kemudian melanjutkan Program Magister (S2) Fisika di ITB dan lulus tahun 1996 silam. Selanjutnya ia menyelesaikan Program Doktoral (S3) Pendidikan IPA di UPI pada tahun 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: