Ada SDN Mirip Gubuk Sawah di Lampura, Begini Penjelasan Dinas Pendidikan

Ada SDN Mirip Gubuk Sawah di Lampura, Begini Penjelasan Dinas Pendidikan

Foto: LUPUT DARI DAPODIK: Lantaran luput dari dapodik, SDN 2 Sidorahayu, Kecamatan Abung Semuli, Lampung Utara luput dari bantuan, meskipun kondisi kelasnya sangat memprihatinkan.-(Eka)-

RADARMETRO - Sebelumnya viral ada sekolah dasar negeri di wilayah Kabupaten Lampung Utara berdinding geribik. Tepatnya di Kecamatan Bunga Mayang.

Kini, kembali terpantau ada sekolah dasar negeri yang juga berdinding geribik di wilayah Kecamatan Abung Semuli. 

Sekolahan tersebut merupakan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Desa Sidorahayu. Sudah bertahun-tahun lamanya, hanya memiliki lima ruang kelas. Dua di antaranya jauh dari kata layak. 

Dari pantauan awak media, Kamis (10/8/2023), terlihat satu ruang kelas sunguh sangat memperhatikan. Dengan berdindingkan geribik bambu yang hampir roboh dan jebol, serta ruangan belajar yang sangat tidak layak untuk mengikuti kegiatan belajar dan mengajar seperti sekolah pada umumnya. 

Sementara satu kelas lainya memakai gedung perpustakaan, dengan menggunakan meja kecil tanpa alas tempat duduk, apalagi kursi. 

BACA JUGA:Polisi Bekuk Dua Pelaku Curanmor Penonton Kuda Kepang

Salah seorang guru SDN 2 Sidorahayu, Esti mengatakan, ruang kelas berdinding geribik ini dibangun sejak tahun 2010 dengan bantuan swadaya masyarakat. Karena mereka kekurangan ruang kelas. 

"Sebelum dijadikan ruang kelas tambahan, ruangan ini dulunya tempat penitipan sepeda," ujar Esti. 

Ia mengeluhkan, ketika hujan aktivitas kegiatan belajar-mengajar harus diberhentikan. Sebab air hujan masuk ke dalam kelas. 

"Kalau habis hujan, terkadang ada ular yang masuk ke dalam kelas, yang dapat  membahayakan  para murid," tuturnya lagi. 

"Kami, para dewan guru mengharapkan kepada pemerintah daerah agar segera membangun ruangan kelas yang layak, agar kegiatan belajar mengajar bisa lebih efektif. Dan para murid bisa belajar dengan nyaman dan aman," harapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar  Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara, Opi Riyansah, membenarkan SDN 2 Sidorahayu yang ruang kelasnya berdinding geribik itu dibangun sejak tahun 2010 silam.

Namun demikian kata Opi, setelah dicek pada

data pokok pendidikan (dapodik), SDN 2 Sidorahayu ini tidak muncul. Akibat tidak masuk dapodik itu, akhirnya tidak mendapat bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: