PDIP Kritik Program Pemerintah Jokowi, Pecah Kongsi?

PDIP Kritik Program Pemerintah Jokowi, Pecah Kongsi?

Foto; Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kritik Proyek Food Estate program pemerintah Jokowi-(Istimewa)-

RADARMETROPDIP melakukan kritikan kepada pemerintahan Jokowi. Melalui Sekretaris Jenderal Partai Hasto Kristiyanto, PDIP menyoroti proyek food estate atau lumbung pangan yang mereka anggap gagal dan merupakan kejahatan lingkungan.

Hasto menyebutkan proyek yang berada dibawah naungan Kementerian Pertanian dan Pertahanan itu sama sekali tidak membuahkan hasil dan hanya menimbulkan kerusakan lingkungan karena penebangan hutan.

Menurutnya, PDIP memberikan catatan yang serius atas upaya Presiden Jokowi membangun food estate. Seharusnya pemerintah merawat kehidupan dan menjaga bumi pertiwi, sementara program food estate justru membabat hutan.  

"Dalam praktik pada kebijakan itu ternyata disalahgunakan, dan kemudian hutan-hutan justru ditebang habis, dan food estate-nya tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," kata Hasto di Bogor, Selasa (15/8/2023).

Pernyataan Hasto itu disampaikannya terkait temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang adanya dugaan uang hasil kejahatan lingkungan sebesar Rp 1 triliun mengalir ke partai politik (parpol).

Banyak pihak yang kemudian mengartikan kritikan PDIP melalui sekjennya itu merupakan 'sebuah serangan' kepada Jokowi dan Prabowo yang dinilai makin mesra mendekati Pilpres 2024 ini.

Menanggapi kritikan PDIP tersebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memilih menjawab wartawan dengan singkat terkait tudingan Hasto tersebut.

"Oh yang bener?" kata Prabowo singkat kepada wartawan usai acara di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Unit PPA Polres Way Kanan Tangkap Tersangka Pencabulan yang Sembunyi di Area Kebun Karet

Sementara itu Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan program Food Estate merupakan program dari pemerintah Jokowi, dimana Prabowo sebagai menteri hanya menjalankan visi misi dan program Presiden.

"Maka yang dijalankan adalah program visi dan misi Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin yang dijalankan oleh Pak Prabowo sepenuhnya program pemerintah Jokowi Ma'ruf Amin," ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Muzani menambahkan sesuai kebijakan presiden semua kementrian harus menjalankan program presiden bukan program atau visi misi kementerian.

Muzani meminta Hasto dan PDIP untuk tidak melihat sepotong-sepotong dari program ketahanan pangan nasional tersebut.

“Jangan melihat sepotong-potong, kalau melihat sepotong-potong maka akan ada cara penglihatan yang tidak pas,” kata Muzani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: