Gaungkan Moderasi Beragama Dalam Memaknai Kemerdekaan

Gaungkan Moderasi Beragama Dalam Memaknai Kemerdekaan

Foto: Ilustrasi --

Oleh Prof.Dr. Siti Nurjanah,M.Ag.,PIA

Riuh gembira perayaan kemerdekaan RI yang memasuki usia ke-78 tahun telah bergulir diberbagai penjuru negeri.

Kegembiraan tersebut tak lain merupakan penyambutan sekaligus simbolisasi atas kecintaan dan kebanggaan masyarakat sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Satu di antara dari keriuhan perayaan kemerdekaan yang perlu direnungi ialah bahwa dibalik hiruk-pikuk peringatan kemerdekaan terdapat persatuan dalam keberagaman.

Banyaknya budaya dan pemikiran elemen bangsa Indonesia telah membaur menjadi satu kesepakatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Memaknai Kemerdekaan Apa yang sudah dicita-citakan oleh pendiri bangsa sejak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) perlu kita internalisasi ulang pada momen kemerdekaan saat ini.

Pemaknaan cinta tanah air, gotong royong, rela berkorban untuk bangsa, berjuang tanpa pamrih, dan patriotis memerupakan banyak di antara karakter yang tak boleh pudar dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Bagi Indonesia, kemerdekaan bukan hanya sekedar bebas dari penjajahan, tetapi juga mengandung makna mendalam tentang hak individu dan kolektif untuk membentuk nasibnya sendiri.

Kemerdekaanini memberikan ruang bagi warga negara Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam pembentukan kebijakan dan membangun masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Indonesia adalah rumah bagi berbagai agama dan kepercayaan, seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan kepercayaan tradisional.

Meskipun keragaman ini adalah salah satu kekayaan terbesar negara ini, namun juga dapat menjadi sumber ketegangan jika tidak dikelola dengan bijak.

Inilah dimana moderasi beragama muncul sebagai solusi untuk menjaga harmoni dalam masyarakat yang multikultural.

Moderasi Beragama: Jembatan untuk Harmoni

BACA JUGA:Tak Hadiri Konsolidasi Kepala Daerah PDIP Jateng, Gibran : Anak Ingusan Gak Diundang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: