TPAS Karangrejo Terbakar, Puntung Rokok Diduga Jadi Penyebabnya

TPAS Karangrejo Terbakar, Puntung Rokok Diduga Jadi Penyebabnya

Foto: Kobaran api terlihat menjalar ke tumpukan sampah TPAS Karangrejo, Metro Utara, Kota Metro.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Karangrejo terbakar, Kamis (17/8/2023) dinihari. Diduga sumber api berasal dari puntung rokok pemancing.

Tidur lelap warga sekitar TPAS Karangrejo, Metro Utara, mendadak berubah menjadi kepanikan ketika api muncul di tumpukan sampah.

Dari rekaman video amatir warga memperlihatkan kobaran api sudah menjalar ke gunungan sampah. Nampak juga sebuah alat berat tengah berupaya memisahkan sampah yeng belum terbakar.

Api dengan cepat membesar lantaran material sampah dari plastik yang mudah terbakar. Kobaran api turut menimbulkan kepulan asap hitam membumbung tinggi di langit TPAS Karang Rejo.


Foto2 : TPAS Karangrejo Terbakar, Puntung Rokok Diduga Jadi Penyebabnya-(Istimewa)-

BACA JUGA:Gaungkan Moderasi Beragama Dalam Memaknai Kemerdekaan

"Kondisi TPA kebakaran, malam ini 17 Agustus pukul 00.00 WIB," ucap perekaman video.

Kebakaran TPAS Karangrejo dibenarkan oleh Kabid Damkar Satpol-PP Kota Metro Marwan Hakim. Pihaknya setelah mendapatkan laporan langsung menuju lokasi.

Ia mengatakan sebanyak 13 personel serta 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) diterjunkan ke lokasi untuk menangani api yang kian membesar melahap gunungan sampah TPAS Karang Rejo.

"Alhamdulilah tidak ada kendala, karena akses ke lokasi bagus," ujar Hakim saat dihubungi awak media.

Setelah berjibaku selama satu jam, akhirnya Si Jago Merah dapat dijinakkan. Petugas Damkar Kota Metro langsung melakukan proses pendinginan lokasi kebakaran.

"Api dapat dipadamkan sekitar 1 jam kemudian," ujar Kabid Damkar Satpol-PP Kota Metro Marwan Hakim.

Hakim juga mengatakan untuk dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang dibuang ke tumpukan sampah oleh pemancing.

"Karena titik api tepat disamping pagar batas TPA dengan perkebunan milik warga yang berada dekat dengan sungai yang waktu malam hari banyak pemancing yg lewat disebelah pagar," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: