Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Foto: FIFA menganggap Indonesia tidak mampu memberikan kesetaran bagi seluruh peserta Piala Dunia U-20. Dengan itu, FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Federation Internationale de Football Association (FIFA) resmi mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 dari Indonesia. Dengan demikian, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bakal terima sanksi dari FIFA.

Dikutip dari situs resmi FIFA, Rabu (29/3/2023), keputusan itu diambil setelah dilakukannya pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua PSSI Erick Thohir yang berlnagsung di di Doha, Qatar.

“FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023,” keterangan FIFA.

Untuk menggantikan Indonesia, FIFA akan mengumumkan tuan rumah baru gelaran Piala Dunia U-20 dalam waktu dekat ini. Mengingat jadwal pertandingan juga tidak ada perubahan.

Sementara itu, FIFA memastikan PSSI akan menerima sanksi atas ketidak mampuan dalam memegang kepercayaan besar itu.

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” lanjut dari FIFA.

BACA JUGA:Bandarsyah Tewas Bersimbah Darah di Dekat Rumah Calon Kepala Kampung

Terlepas dari itu semua, FIFA memastikan tetap berkomitmen untuk aktif membantu pesepakbolaan di Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, dan juga membantu dalam proses transformasi pasca tragedi pada Oktober 2022.

Dalam beberapa bulan mendatang, anggota tim FIFA akan hadir di Indonesia untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh PSSI. 

Sementara itu, Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga mengatakan, salah satu alasan FIFA ialah, lantaran ketidak mampuan Indonesia dalam memberikan kesetaraan bagi seluruh peserta Piala Dunia U-20.

Seperti yang diketahui, sejumlah penolakan kehadiran kesebelasan Israel dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.

“Kan FIFA tidak mau menerima alasan apapun diskriminasi terhadap peserta dari piala dunia,” ujar Arya Sinulingga dilansir dari Official iNews.

Arya menambahkan, kini PSSI tengah berupaya dalam meminimalisir sanksi yang akan diberikan oleh FIFA. Sehingga dengan adanya kejadian tersebut, tidak akan berdampak buruk untuk pesebakbolaan di Tanah Air.

“Pak Erick Tohir (Ketua PSSI) akan melakukan lebih jauh lobby, upaya kita berjuang supaya tidak kena sanksi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: