Hayo Siapa yang Masih Salah Baca QRIS

Hayo Siapa yang Masih Salah Baca QRIS

Foto: Ilustrasi --

RADARMETRO – Pengucapan atau pelafalan bahasa asing khususnya bahasa Inggris banyak terjadi perdebatan. Karena ada yang bilang membacanya begini, begitu, atau bahkan hanya mengikuti pelafalan orang kebanyakan.

Di era pembayaran serba digital seperti saat ini, salah satu yang sering diucapkan atau dikatakan adalah Quick Respons Code Indonesia Standart atau yang kerap ditulis QRIS.

Dalam faktanya di lapangan, banyak dari kita yang membaca QRIS dengan pengucapan “kyuris”. Padahal yang benar cara membacanya adalah “kris” saja.

Hal ini diungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam acara Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/08/2023). Menurutnya, di era saat ini QRIS meningkat penggunaannya.

BACA JUGA:Tanpa Riba! KUR Syariah Pegadaian 2023 Dibuka Lagi, Cek Syarat dan Cara Pengajuannya

“QRIS itu alat pembayaran digital, sehingga QR yang sah dan satu-satunya itu kris bukan kyuris,” ungkapnya.

Perry mengatakan, saat ini QRIS  menjadi salah satu dari tiga alat pembayaran digital. Bahkan ke depan BI juga akan mengembangkan alat pembayaran digital lainnya yakni digital rupiah.

“Kita akan kembangkan digital rupiah, kemarin kami menghadiahkan kepada NKRI uang digital QRIS TUNTAS. Jadi QRIS sekarang bisa digunakan untuk tarik tunai, hanya saja menarik biaya admin Rp6.500.

Sementara kalau biasanya Rp10.000 sampai Rp20.000. Lalu transfer hanya membutuhkan biaya admin Rp2.500 per transaksi, sama dengan BI Fast.

Bahkan bila transfer di atas Rp100.000 biayanya hanya Rp2.000 per transaksi, sedangkan untuk setor tunai Rp5.000,” jelasnya.

Ia menambahkan, alat pembyaran yang utama saat ini adalah uang kertas dan logam. Berikutnya, alat pembayaran bisa berbasis rekening.

BACA JUGA:Info KUR Agustus 2023 : Plafon Pinjaman Rp 100 Juta, Cara Pinjam dan Jumlah Angsuran

“Penting untuk mencintai produk dalam negeri termasuk di antaranya uang kertas. Uang kertas di Indonesia ini the best in the world, juara. Tahun 2023 ini menjadi uang terbaik di seluruh dunia,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: