Retribusi Pelayanan Pasar Capai 61,79 Persen, Disdag Optimis Over Target

Retribusi Pelayanan Pasar Capai 61,79 Persen, Disdag Optimis Over Target

Foto : Kepala Disdag Kota Metro Elmanani optimis realisasi retribusi dari sektor pelayanan pasar tahun ini dapat melebihi target.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Realisasi pendapatan daerah dari sektor retribusi pelayanan pasar di Kota Metro hingga kini mencapai 61,79 persen. 

Meski demikian Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro sebagai leading sektor retribusi tersebut mengaku optimis hingga akhir tahun mendatang  dapat melebihi target (over target). 

Demikian disampaikan Kepala Disdag Kota Metro Elmanani, Jumat (25/8/2023). Ia mengatakan, 

sampai Juli 2023, realisasi retribusi pelayanan pasar sudah mencapai 61,79 persen atau sebesar Rp661,2 juta dari target Rp1,070 milyar. 

"Sampai Juli target kita sudah mencapai 61,79 persen. Kita optimis bisa mencapai target sampai akhir tahun nanti," katanya. 

Elmanani mengaku dari tahun ke tahun, realisasi retribusi pelayanan pasar selalu memenuhi target. Karenanya dia yakin tahun ini target tersebut pun dapat tercapai.

"Untuk retribusi pelayanan pasar ini kita tagih secara harian. Petigasnya ada juru salar yang menagih ke para pedagang yang memiliki kios, los atau hamparan," jelasnya. 

Menurutnya, penagihan retribusi pajak dilakukan di seluruh pasar tradisional di Metro. Kemudian juga pada Tan Santap Malam Sumur Bandung

"Jadi juru salah kita ada 13 orang. Mereka melakukan penagihan ke pedagang yang memiliki kios, los atau hamparan di lima pasar tradisional, dan kuliner malam Sumur Bandung," paparnya. 

BACA JUGA:Dapat Kuota 260 Formasi, BKPSDM Metro Siapkan Rekrutmen P3K

Ia berharap target retribusi tersebut dapat tercapai. Karenanya pihaknya juga terus memberikan pembinaan bagi petugas atau juru salar. 

"Kita akan terus berupaya untuk memenuhi target. Karena itu juru salar terus terus kita lakukan pembinaan. Kita optimis tahun ini dapat over target," pungkasnya. 

Sebelumnya, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menggenjot realisasi pendapatan daerah dari sektor retribusi. Dimana terhitung sejak Januari 2023 realisasi PAD dari sektor retribusi baru mencapai 36,66 persen. 

Kepala BPPRD Kota Metro, Syachri Ramadhan mengatakan, terhitung sejak Januari 2023 realisasi PAD dari sektor retribusi baru mencapai Rp3,4 miliar atau sebesar 36,66 persen, dari target retribusi sebesar Rp9,4 milyar. Menurutnya, capaian PAD dari sektor retribusi tersebut masih rendah dari target yang ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: