Berjalan Sukses, Ribuan Peserta KKN Melayu Serumpun 2023 Resmi Ditarik

Berjalan Sukses, Ribuan Peserta KKN Melayu Serumpun 2023 Resmi Ditarik

Foto: Rektor IAIN Metro Prof Siti Nurjanah didampingi ketua panitia Prof Suhairi, dan para peserta KKN Melayu Serumpun ke-IV PTKIN 2023.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro secara resmi melakukan penarikan ribuan mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun ke-IV Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera 2023.

Penarikan dilakukan setelah 40 hari para mahasiswa menjalankan pengabdian kepada masyarakat berbagai desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Tercatat, dalam program KKN Melayu Serumpun kali ini diikuti sebanyak 1.055 mahasiswa dari 17 dari 22 PTKIN yang ada di Pulau Sumatera.

Ketua panitia, Prof Suhairi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan pembelajaran langsung di tengah masyarakat. Dan bagi perguruan tinggi sifatnya integrasi dalam implementasi dari Tri Dharma, khususnya aspek kurikulum dan pengabdian kepada masyarakat dalam bingkai akademis serta ilmiah," ujarnya.

Rektor IAIN Metro Siti Nurjanah mengapresiasi keikutsertaan belasan perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama (Kemenag) dalam menyukseskan KKN Melayu Serumpun 2023.

Menurutnya program ini menjadi salah satu bekal penting bagi mahasiswa pasca menempuh pendidikan di bangku perkuliahan, di mana dengan ilmu yg diperoleh bisa bermanfaat kepada masyarakat.

"Bagi mahasiswa peserta KKN dengan belajar dari proses pengabdian ini dapat memahami bahwa selama pelaksanaan dengan beban program yang disiapkan menjadi pengalaman menyiapkan diri kembali kepada masyarakat, bahwa mulai dari persiapan, pemetaan kegiatan lalu pelaksanaan semua terukur dan dilakukan dengan penuh pertimbangan," bebernya.


Foto 2: Rektor IAIN Metro Prof Siti Nurjanah mengungkapkan KKN Melayu Serumpun 2023 berjalan sukses.-(MH Naim)-

BACA JUGA:Jalanan Berdebu di Metro, Qomaru: Tanggung Jawab Kontraktor

Nurjanah juga mengungkapkan KKN Melayu Serumpun berjalan dengan sukses. Kesuksesan itu menurutnya lantaran support dari banyak pihak, mulai dari Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Pesawaran, dan masyarakat desa yang ditempati para peserta.

"Terimakasih kepada PTKIN yang mempercayakan diselanggarakan dikampus kami. Kemudian kepada semua Dosen Pembimbing Lapangan serta seluruh Panitia," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (PPKM) IAIN Metro Sainul menjelaskan bahwa program KKN Melayu Serumpun menjadi pembelajaran dan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa IAIN Metro.

"Kegiatan ini ucapan bangga dan menjadi pengalaman berharga semua pihak atas selesainya agenda besar, walau masih dari kesempurnaan secara fakta dapat terselenggara dengan lancar dan sukses," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: