Bank Sampah EMAK.ID Kolaborasi Bersama KKP

Bank Sampah EMAK.ID Kolaborasi Bersama KKP

Foto: Bank Sampah EMAK.ID Kolaborasi Bersama KKP-(Istimewa)-

RADARMETRO - Program Bulan Cinta Laut (BCL) merupakan Program Tahunan KKP.

Untuk tahun 2023 KKP meggandeng Bank Sampah Emak.id berkolaborasi pembentukan kelompok masy. Sadar lingkungan dan pengelolaan Sampah (pilah Sampah dari rumah). 

Bank Sampah Emak.id selain focus mengedukasi masyarakat di pemukiman kota Bandar lampung dengan jumlah anggota (emak emak) yang telah ikut dalam gerakan pilah sampah dari rumah 5150 emak emak, kini juga focus untuk mengedukasi masyarakat di pesisir pantai sebagai bagian dari wujud kepedulian Bank Sampah Emak.id pada isu sampah pesisir.

Program BCL ini berlangsung 6 Juli-24 Agustus 2023.  

Dengan adanya program ini dilaksanakan pembetukan kelompok Bank sampah Unit emak.id, dengan jumlah yang bergabung 80 Orang. 

Dalam Waktu 1 bulan pembentukan kelompok ini sudah di laksanakan program sosialisasi tentang pentingnya pilah sampah dari rumah agar sampah tidak terbuang ke area pantai. 

Selama lebih kurang 1 bulan terbentuknya Bank sampah unit Desa Sukajaya Lempasing, sudah dilaksanakan 2 kali penimbangan denga partisipsasi masy.

Pada penimbangan pertama : 47 orang yang terlibat dan penimbangan ke 2 : 58 orang.  

Pada awal pembentukan bank sampah, dilaksanakan juga clean up pantai dan juga pembersihan secara rutin oleh para masyarakat setempat selama kurun waktu 1 bulan. Al hasil terkumpul sampah residu : 7 ton sampah residui dan 708 Kg sampah pilah bernilai rupiah. 

Dalam 2 kali penimbangan telah terhimpun dana sebesar Rp. 877.000, tabungan masyarakat (nasabah Bank Sampah Emak.id unit Sukajaya Lempasing).



Foto 2: Penimbangan Sampah -(Istimewa)-

BACA JUGA:Fakta Baru Kasus TNI Culik dan Bunuh Warga Sipil: Ada Korban dan Pelaku Lain Hingga Terungkap Karena HP

Pak Rohman selaku tokoh nelayan dan mas yang dituakan meyampaikan, Masyarakat Sangat senang dengan adanya program BCL dan Bank sampah, sudah lebih dari 15 tahun belum ada program semacam ini yang sangat positif, dan beliau perharap agar pendampingan oleh Bank sampah emak.id terus berkelanjutan, Bahkan masyakat setempat sudah banyak yang menghubungi saya untuk bisa bergabung dan ikut di bank sampah ungkap pak Rohman.

Agus Solihin selaku founder Bank sampah emak.id juga menyambut baik semangat dan antusias warga untuk ikut dalam gerakan pilah sampah bersama bank sampah emak.id. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: