Waspada Dampak El Nino, Petani Diimbau Tak Jual Hasil Panen

Waspada Dampak El Nino, Petani Diimbau Tak Jual Hasil Panen

Foto : Assisten II Setda Kota Metro Yeri Ehwan mengakui upaya antisipasi dampak fenomena El Nino di Kota Metro terus dilakukan.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro mendorong petani untuk menyimpan hasil panennya. petani juga diimbau untuk tidak menjual hasil panennya. Ini untuk mengantisipasi dampak panjang fenomena El Nino yang terjadi di kota setempat. 

Demikian disampaikan Asisten II Setda Kota Metro, Yeri Ehwan, Kamis (31/8/2023). Ia mengatakan, upaya antisipasi dampak panjang fenomena El Nino juga terus dilakukan pemerintah setempat. Ini seperti melakukan percepatan tanam padi petani. 

"Langkah-langkah antisipasi misalkan di pertanian, untuk padi atau holtikultura dilakukan percepatan tanam. Begitu juga yang sudah masuk masa panen agar dilakukan panen secepatnya," ujarnya. 

Menurutnya, langkah lain juga dilakukan dengan melakukan tanam padi menggunakan bibit yang tidak membutuhkan banyak air. Kemudian pihaknya juga terus meningkatkan koordinasi dengan pihak Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) agar air irigasi bisa dialirkan di Metro.

BACA JUGA:Dampak El Nino Harga Bapok di Metro Naik, Pemkot Gelar Bazar Murah

Menurutnya, upaya antisipasi juga dilakukan di subsektor tanaman pangan, peternakan, perikanan maupun holtikultura. Ini seperti di bidang perikanan agar peternak mengurangi kepadatan tebar ikan per kolam.

"Begitu juga untuk di peternakan agar menyiapkan pakan ternak ini yang dapat disimpan. Jadi tidak tergantung pada pakan hijau, tapi pakan-pakan yang bisa diolah dan dikemas, itu dapat digunakan untuk mengurangi ketergantungan pakan-pakan hijau," terangnya. 

Tak hanya itu, lanjutnya, antisipasi juga dilakukan pada subsektor ketahanan pangan. Pihaknya mendorong agar petani menyimpan hasil panennya dan tidak langsung dijual.

"Berdasarkan informasi beberapa minggu yang lalu memang Bulan September itu masuk masa puncaknya. Kemudian kita antisipasinya sampai akhir tahun. Karenanya petani agar tidak menjual hasil panennya," ungkapnya. 

Meski demikian, ia mengaku hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan dampak fenomena El Nino tersebut secara signifikan. Namun upaya antisipasi terus dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan. 

BACA JUGA:El Nino Mulai Mengancam Petani di Lampung Selatan

"Secara umum laporan dari Dinas Pertanian ke kita Metro insya Allah belum terdampak yang terlalu signifikan. Tetapi secara teknis di Dinas Pertanian sudah dibahas terus baik di internal maupun dengan pemerintah provinsi untuk mengantisipasi dampak El Nino ini," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: