Tangani Ancaman Gagal Panen, DPRD Minta OPD Cari Alternatif

Tangani Ancaman Gagal Panen, DPRD Minta OPD Cari Alternatif

Foto : Sekertaris Komisi III DPRD Kota Metro, Ria Hartini saat dikonfirmasi di kantornya.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro meminta Dinas Ketahanan Pengan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) mencari alternatif untuk mengantisipasi fenomena El Nino. Ini menyusul puluhan hektar lahan Pertanian yang terancam gagal panen

Demikian disampaikan Sekertaris Komisi III DPRD Kota Metro, Ria Hartini, Selasa (5/9/2023). Ia mengatakan, dinas harus segera mencari alternatif untuk menangani ancaman gagal panen tersebut. 

"Iya tentu saya berharap kepada dinas terkait segera melakukan antisipasi  ancaman gagal pangan ini. Apalagi itu sampai 200 hektar, banyak banget," ujarnya. 

Menurutnya, antisipasi terhadap dampak kekeringan oleh petani harus segera dilakukan. Karenanya pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Metro. 

"Masyarakat perlu kita bantu dan kita support. Saya akan melakukan komunikasi dan koordinasi kepada semua pihak terkait kekeringan ini," katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, trobosan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan penyedotan air untuk lahan pertanian. Sehingga lahan yang kering bisa mendapatkan air. 

"Kita akan mengupayakan sesegera mungkin untuk mengantisipasinya. Contohnya mungkin apa kita perlu melakukan penyedotan air untuk mengatasi kekeringan ini," bebernya.

BACA JUGA:Dampak El Nino, DKP3 Akui Ratusan Hektar Lahan Pertanian di Metro Terancam Gagal Panen

Karenanya pihaknya mengaku akan segera turun memantau kondisi persawahan di kota setempat. Sehingga ancaman gagal panen tersebut dapat segera tertangani. 

"Kita akan segera turun untuk melakukan semua upaya. Ini untuk antisipasi 200 hektar sawah yang terancam kekeringan," lanjutnya.

Ia berharap beberapa upaya yang dilakukan akan dapat mencegah petani mengalami gagal panen. Terlebih kondisi gagal panen tersebut akan berdampak besar di masyarakat. 

"Kita tidak menginginkan terjadinya kegagalan panen. Karena nanti akan berdampak luas kepada masyarakat Kota Metro," cetusnya.

Karenanya pihaknya akan berusaha untuk mengakomodir harapan para petani. Pihaknya dari Komisi III juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian.

"Sampai dengan hari ini kita sudah mengupayakan, sudah ada komunikasi dengan Balai Besar pengairan. Kita tinggal tindak lanjutnya saja dan insya Allah akan segera kita dorong Pemkot untuk mengupayakan segala kebutuhan para petani," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: