Tanah Miring Jadi Kampung Bebas Narkoba

Tanah Miring Jadi Kampung Bebas Narkoba

Foto: Tanah Miring Jadi Kampung Bebas Narkoba-(Iwan)-

RADARMETRO  - Kepolisian Resort (Polres) Lampung Utara, melaunching Kampung Bebas atau Bersih Narkoba di Tanah Miring, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Rabu (7/9/2023)

Hadir dalam kesempatan itu, Wadir Narkoba AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya mewakili Kapolda Lampung, Kapolres Lampung Utara AKBP Teddy Rachesna, Bupati  Budi Utomo, Ketua DPRD Wansori dan Wakil Bupati Ardian Saputra. 

Kegiatan Launching Kampung Bebas Narkoba ditandai dengan pemotongan pita oleh Wadir Narkoba Polda Lampung.

Mewakili Kapolda Lampung, Wadir Narkoba AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya menjelaskan, pembentukan Kampung Bebas Narkoba merupakan program unggulan dari Kapolri yang tercantum dalam Program Quick Wins.

"Pembentukan Kampung Bebas Narkoba ini juga dilombakan di seluruh Indonesia. Kriteria penilaian dari berbagai aspek yang telah ditentukan oleh panitia pusat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengharapkan dukungan dari semua pihak dari seluruh stakeholder terkait. Tujuannya agar Kampung Bebas Narkoba di wilayah Tanah Miring ini dapat mewakili Lampung di tingkat pusat.

BACA JUGA:Pengendara Motor Jatuh Pingsan di Pringsewu, Polisi Bantu Evakuasi dan Ingatkan Soal Keselamatan

Sementara itu Kapolres Lampung Utara AKBP Teddy mengatakan, Kampung Bebas Narkoba artinya bersih dari narkoba atau anti narkoba. Dengan dilaunchingnya kampung ini diharapkan kedepan nanti akan bersih dari narkoba. 

"Kampung Bebas Narkoba ini tidak bisa serta merta kami selaku aparat keamanan bekerja sendiri. Jadi penting kiranya kita sinergitas dengan Pemda dan rekan-rekan Forkopimda lainnya khususnya juga masyarakat," kata Kapolres.

Adapun langkah-langkah trobosan Polres Lampung Utara menciptakan Kampung Bebas Narkoba dengan melakukan kegitan Preemtif, Preventif dan Represif.

"Dengan slogan Lapor Sembuh, maka jika ada laporan warga yang ingin sembuh kita akan koordinasikan ke BNN untuk di rehap. Kemudian Lapor Aman, jika ada laporan peredaran narkoba kita akan patroli. Sehingga tidak ada niat atau kesempatan untuk transaksi. Sedangkan untuk Lapor Tangkap, jika ada laporan narkoba akan ditindak lanjuti untuk penegakan hukum atau penangkapan," bebernya. 

Di tempat yang sama Bupati Lampung Utara Budi Utomo mengucapkan terimakasih kepada Polres Lampung Utara. Menurutnya bersama Forkopimda, Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara akan bersinergi untuk menggalakan Kampung Bebas Narkoba.

BACA JUGA:Sulpakar Launching Kampung Bebas Narkoba

"Kepada masyarakat untuk mencontoh Kampung Bebas Narkoba khususnya di Tanah Miring ini. Mudah-mudahan ke.depan seluruh wilayah Lampung Utara bebas dari narkoba," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: