Pemkab Mesuji Gelar Rakor Dampak El Nino

Pemkab Mesuji Gelar Rakor Dampak El Nino

Foto : Penjabat Bupati Mesuji bersama Sekda dan Kepala BPBD saat memimpin Rakor Dampak El Nino di Balai Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kamis (07/09/2023).-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar rapat Koordinasi dampak Cuaca ekstrim El Nino kepada masayarakat.

Rapat yang di gelar di Balai Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, kamis(07/09/23)  di pimpin langsung Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar.

Menurut Sulpakar, banyak issue yang dibahas dalam rapat tersebut selain fokus terhadap upaya penanganan dan pencegahan Pembakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Mesuji.

"Selain fokus Karhutla, kita juga membahas persoalan yang lain, misalnya kesehatan, kekeringan yang berakibat di beberapa tempat masyarakat kesulitan air bersih, dan semua ini harus di tangani secara bersama-sama baik pemerintah daerah dan pihak swasta,"terangnya.

Untuk itu, pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung itu berharap semua pihak terlibat dalam melakukan penanganan dampak cuaca Ekstrim El Nino, dengan harapan tidak berdampak buruk terhadap masyarakat.

BACA JUGA:Waspada Dampak El Nino, Diskes Imbau Warga Jaga PHBS

"Misalnya untuk pelayanan kebutuhan air bersih, minimal perusahaan bertangung jawab di wilayah desa penyangga. Selain itu kami meminta pihak perusahaan untuk menyiapkan armada nya jika pemerintah daerah membutuhkan bantuan dalam penanganan kebakaran hutan lahan, hal ini mengingat juga terbatasnya armada milik pemerintah,"harap Sulpakar.

Yang tak kalah penting adalah tambah Sulpakar, semua pihak agar terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, baik secara langsung dengan bertemu masyarakat atau melalui media-media lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekertaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, Kepala BPBD Kabupaten Mesuji Sunardi Sukau, Koramil Simpang Pematang, Perwakilan Danlanud Astra Ksetra Menggala, Perusahaan di wilayah Kabupaten Mesuji, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Mesuji, Camat dan beberapa Kepala Desa di Kecamatan Simpang Pematang.

BACA JUGA:Dampak El Nino, Puskesmas Sidomulyo dan Tanjung Mas Makmur Bagikan Masker ke Pengguna Jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: