Optimalisasi Program JKN, Masyarakat Mesuji Dapat Yankes Gratis

Optimalisasi Program JKN, Masyarakat Mesuji Dapat Yankes Gratis

Foto : Pj Bupati Mesuji Sulpakar didampingi Kepala Dinas Sosial Prasetyo Yura saat menerima Penghargaan UHC Award dari Menteri Sosial RI-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji di bawah kepemimpinan Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM. terus menggagas program dan inovasi yang dapat membantu masyarakat di segala aspek dan bidang. Salah satu program yang terus dikembangkan dan ditingkatkan adalah program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sulpakar menyampaikan, kini semua masyarakat yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Mesuji dapat merasakan manfaatnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.  

"Kedepan, masyarakat tidak akan mengalami kesulitan pembiayaan, gratis pengobatan di rumah sakit rujukan, pada layanan kelas 3. Selain itu, sisi positif lainnya dari program JKN adalah menjadi akselerator dalam percepatan pembangunan SDM, juga turut andil dalam menuntaskan kasus stunting di Mesuji,"jelas Sulpakar.

Sulpakar menambahkan, tanpa di sadari program JKN memiliki peran dalam mobilitas dan peningkatan ekonomi sosial dan budaya di Mesuji, masyarakat yang sehat akan lebih produktif dan berimbas pada peningkatan pembangunan di satu sisi masyarakat juga tidak lagi khawatir terkait pembiayaan ketika mereka jatuh sakit atau mengalami musibah.

Universal Health Coverage (UHC) merupakan Komitmen Pemerintah Kabupaten Mesuji dalam mendukung Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan Program Strategis Nasional sejak tahun 2014 sejalan dengan RPJM 2020 - 2024. 

"Perlindungan kesehatan merupakan hak dasar setiap warga negara, hal ini juga merupakan inpres nomor 2 tahun 2022, dalam inpres tersebut mengintruksikan tiga puluh Kementerian, Lembaga dan Kepala Daerah dalam rangka meningkatkan optimalisasi JKN di Mesuji,"tambahnya.

Hal itu diperkuat dengan surat edaran Bupati Mesuji Nomor KU. 00/7143/V.06/MSJ/2022 tentang Percepatan Universal Health Coverage Program Jaminan Kesehatan Nasional Kabupaten Mesuji.


Foto: Penyerahan Bantuan Kepada masyarakat -(Nara J Afkar)-

BACA JUGA:Peringati HUT Lantas Ke-68, Satlantas Porles Mesuji Gelar Baksos

Sulpakar menerangkan, dari total 232.317 jiwa penduduk Mesuji telah tercakup dalam kepesertaan JKN mencapai 228.859 jiwa atau 98.51 ℅ tercatat sebanyak 127.064 jiwa menjadi penerima bantuan iuran dari Pemerintah baik itu Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Pemerintah Kabupaten Mesuji. 

"Mesuji tercatat sebagai salah satu Daerah di Lampung, yang terlebih dahulu mencatatkan namanya sebagai Daerah dengan cakupan Universal Health Coverage sejak Desember 2022,"terang Sulpakar.

Masih dikatakan Sulpakar, Pemanfaatan JKN di Kabupaten Mesuji sudah terlihat massive tercatat jumlah kunjungan di fasilitas kesehatan tingkat pertama baik di puskesmas, klinik kesehatan maupun dokter praktek mandiri pada semester satu tahun 2023 mencapai 43.531 dengan pemanfaatan sebanyak 29.425 merupakan rawat jalan, dan 1.001 pelayanan rawat inap

Begitu juga pemanfaatan JKN di fasilitas kesehatan tingkat lanjut baik di rumah sakit RBC maupun rumah sakit lainnya yang menjadi mitra BPJS kesehatan

"Tercatat sampai dengan semester satu tahun 2023 ada pemanfaatan JKN untuk rawat inap mencapai 2.150 kasus, dan pemanfaatan rawat jalan mencapai 5.889 kasus,"Kata Sulpakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: