Sekda: Satgas Sudah Kerja Hadapi Kekeringan di Lampura

Sekda: Satgas Sudah Kerja Hadapi Kekeringan di Lampura

Foto: Sekda saat diwawancarai awak media.-(Iwan)-

RADARMETRO - Pemerintah Kabupaten Lampung Utara terus melakukan koordinasi dan mengambil langkah-langkah preventif menyikapi situasi bencana kekeringan yang melanda Kabupaten Lampung Utara.

Sekretaris Daerah Lekok mengatakan, 

melalui satuan tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kekeringan yang terdiri dari OPD terkait terus bekerja menyikapi kekeringan yang terjadi di wilayah Lampung utara

"Satgas udah mulai bekerja," ujar Sekda Lampura Lekok kepada sejumlah wartawan, Senin (11/9/2023).

Dijelaskan Lekok, untuk ketersediaan air bersih, pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan pendistribusian ke sejumlah tempat di wilayah perkotaan

Sementara di pedesaan, sebagian warga masih memanfaatkan sumur bor yang dibuat melalui dana desa.

BACA JUGA:Sebanyak 119 Hektar Areal Sawah di Lampura Terancam Gagal Panem

Sementara itu untuk langkah yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan, lanjut Lekok, dalam waktu bersama Bulog akan menyalurkan beras. 

Dimana beras tersebut, diperuntukkan bagi penerima program keluarga harapan.

"Mulai bulan ini beras untuk penerima manfaat akan didistribusikan," ucap Lekok. 

Terkait lahan pertanian, tutur Lekok lagi, pemkab telah melakukan imbauan kepada para petani khususnya petani padi agar memanfaatkan sumber air yang ada di persawahan.

Lebih lanjut, Sekda menerangkan, pihaknya juga telah memberikan penekanan terhadap perusahaan yang ada di kabupaten setempat untuk tidak melakukan pembakaran lahan atau hutan, agar tidak terjadinya kebakaran.

BACA JUGA:Kebablasan, Diketahui Istrinya, Seorang Bapak Tega Setubuhi Anak Tiri Sejak Masih SMP

"Ini langkah-langkah yang kami lakukan, intinya pemerintah daerah harus hadir dalam situasi bencana kekeringan yang dirasakan langsung oleh masyarakat terdampak," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: