Sebanyak 1.453 Pengendara Terjaring Operasi Zebra 2023 Polres Pringsewu

Sebanyak 1.453 Pengendara Terjaring Operasi Zebra 2023 Polres Pringsewu

Foto: Terlihat petugas saat menindak pelanggar lalu lintas pada gelaran Operasi Zebra Krakatau 2023 Satlantas Polres Pringsewu.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Operasi Zebra Krakatau 2023 Polres Pringsewu telah berjalan selama 10 hari, Rabu (13/9/2023). Sebanyak 1.453 pengendara terjaring razia polisi.

Pelanggar lalu lintas yang terjaring razia diberikan tindakan berupa teguran hingga sanksi tilang.

Kasat Lantas Polres Pringsewu AKP Khoirul Bahri mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat tilang kepada 175 pelanggar lalu lintas.

"Untuk 1.278 pelanggar lainnya diberikan teguran tertulis sebagai langkah preventif yang diambil oleh Satlantas Polres Pringsewu," ujarnya.

Khoirul mengatakan mayoritas pelangar lalu lintas yang ditindak dalam razia ini masih didominasi pengendara sepeda motor dengan jenis pelanggaran tidak menggunakan helm saat berkendara.

BACA JUGA:Tiga Hari Operasi Zebra Krakatau, Polres Pringsewu Tindak 314 Pelanggar Lalu Lintas

"Sedangkan untuk pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengemudi kendaraan roda empat atau lebih didominasi tidak menggunakan sabuk keselamatan," bebernya.

Dalam kesempatan itu, Khoirul menuturkan Operasi Zebra yang dilaksanakan oleh Polres Pringsewu bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. 

"Operasi ini digelar selama dua pekan, mulai 4 hingga 17 September mendatang," ungkapnya.

Ia juga turut menuturkan bagi para pengendara baik roda dua maupun roda empat agar selalu mematuhi aturan lalu lintas.

"Seperti penggunaan helm, penggunaan sabuk pengaman, tidak menggunakan ponsel saat berkendara, serta mengikuti batas kecepatan yang telah ditetapkan," tuturnya.

Khoirul menambahkan bahwasanya gelaran Operasi Zebra Polres Pringsewu akan terus dilaksanakan secara berkala guna menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman dan tertib bagi masyarakat.

BACA JUGA:Pastikan Bebas dari Peredaran Narkoba, Polisi Rutin Patroli di Tanah Miring

"Polres Pringsewu berterima kasih atas peran serta masyarakat dalam menciptakan kemanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Pringsewu," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: