Sismik IAIN Metro Diduga Diretas, Ribuan Data Mahasiswa Terancam Hilang

Sismik IAIN Metro Diduga Diretas, Ribuan Data Mahasiswa Terancam Hilang

Foto: Platform digital satu-satunya milik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro diduga diretas orang tidak bertanggungjawab.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Sistem Informasi Akademik alias Sismik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Lampung, diduga diretas.

Kabar peretasan itu terjadi dan tersebar luas di kalangan mahasiswa IAIN Metro pada Kamis (14/9/2023) sekira pukul 15.33 WIB. Peretasan dikhawatirkan oleh mahasiswa mengganggu data-data perkuliahan.

"Hari ini ada info Sismik kita kena hack, KHS dan KRS agar diarsipkan dengan baik," tulis informasi adanya peretasan Sismik IAIN Metro.

Untuk itu, masing-masing mahasiswa IAIN Metro diminta agar menyimpan data-data penting perkuliahan mereka.

“Supaya bisa dijadikan bukti valid ketika ada perubahan data atau nilai kita di sismik,” tuturnya.

“Dicek ya temen-temen, info dari wadek 3,” imbuhnya.


Foto2 : Tampilan Server Sedang Sibuk-(MH Naim)-

BACA JUGA: Tugas Akhir Pengganti Skripsi, Nomor 3 Bisa Langsung Kerja

Sismik merupakan satu-satunya platform digital yang dimiliki IAIN Metro untuk mahasiswa menyusun studi di bangku perkuliahan.

Di dalam Sismik memuat ribuan data pribadi mahasiswa, nilai mata kuliah, hingga data penyusunan tugas akhir atau skripsi.

Sistem keamanan digital yang kurang mumpuni sekaligus pentingnya data-data di dalam Sismik IAIN Metro diduga menjadi sasaran empuk peretas. 

Hingga pukul 19.00 WIB Sismik IAIN Metro belum kembali seperti semula. Sementara itu, para mahasiswa diminta untuk menunggu proses perbaikan yang saat ini ditangani oleh Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Metro.

BACA JUGA: Lindungi Website dari Serangan Siber, Metro Luncurkan CSIRT

"Silahkan tunggu, mohon maaf server sedang sibuk melayani pengguna, tekan refresh pada browser atau f5 pada keyboard anda, kami akan segera kembali," tulis Unit TIPD IAIN Metro pada laman sismik.metrounic.ac.id .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: