Prihatin dengan Keluhan Kepsek, PWI Gelar Workshop

Prihatin dengan Keluhan Kepsek, PWI Gelar Workshop

Foto: Mengatasi persoalan sekolah yang resah dengan banyaknya oknum wartawan, PWI gelar workshop.-(Rico)-

RADARMETRO - Upaya meningkatkan pemahaman tentang dunia jurnalistik,  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung menggelar workshop jurnalistik dan kehumasan sekolah tahun 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Sesat Agung Bumi Gayo, Kompleks Islamic Center Tubaba, Selasa (19/09/2023) pukul 09.00 WIB. 

Dikatakan Ketua PWI Tubaba Dedi Priyono, sudah menjadi pilihan yang tepat kepada para peserta yang hadir karena ini bekal untuk menghadapi oknum wartawan yang tidak bertanggungjawab. 

"Workshop jurnalistik dan kehumasan sekolah ini diselenggarakan karena keprihatinan kami keluarga besar PWI terhadap berbagai keluhan dari sekolah-sekolah yang merasa resah dengan ulah oknum-oknum yang mengaku sebagai wartawan, namun sikapnya dianggap tidak mencerminkan sebagai seorang jurnalis profesional," jelasnya. 

Sementara itu Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah menegaskan bahwa wartawan selalu bergerak secara profesional dalam menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Tidak perlu alergi dengan yang namanya wartawan.

"Jadi harus dimengerti, tugas wartawan di lapangan bukan seperti tugas aparat penegak hukum, ormas LSM, atau lainnya, wartawan bukan orang yang paling tahu semua. Tugas wartawan itu mengungkap kasus dan menginformasikan fakta yang terjadi," terangnya. 

BACA JUGA:Investasi AI Kian Diminati

Lanjut dia, terkait dunia jurnalistik, ada undang-undangnya yaitu UU Nomor 40 Tahun 1999, aturan itu dibuat bukan hanya sebagai acuan wartawan saja, tetapi untuk seluruh warga negara Indonesia. 

Di tempat yang sama, Pj Bupati Tubaba M. Firsada melalui Sekretaris Daerah Novriwan Jaya, memberikan apresiasi terhadap PWI atas diselenggarakannya workshop jurnalistik dan kehumasan sekolah tahun 2023.

“PWI sebagai organisasi pers memang memiliki tanggungjawab dalam mendidik generasi-generasi wartawan untuk terus meningkatkan kompetensinya, dan memberikan edukasi terhadap seluruh instansi maupun masyarakat terkait bagaimana kerja jurnalistik dan kehumasan yang baik dan benar,” ujarnya.

Harus dipahami, kata dia, transparansi realisasi kegiatan di sekolah-sekolah itu penting, sehingga diperlukan kerjasama yang baik pula antara wartawan dengan pihak sekolah atau kehumasan sekolah.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat berdampak positif bagi kemajuan dunia jurnalistik dan kehumasan di lingkungan sekolah, untuk membawa nama baik Tubaba,” pungkasnya. 

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, ASN Pemkab Pringsewu Janji Netral

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: