Mau Daftar CPNS dan PPPK, Simak Yuk Caranya!

Mau Daftar CPNS dan PPPK, Simak Yuk Caranya!

Foto: Tampilan Halaman SSCASN 2023-(Istimewa)-

RADARMETRO - Hai kalian yang bingung bagaimana cara mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), simak yuk artikel berikut ini. 

Pendaftaran CPNS dan PPPK kini menjadi harapan besar bagi para lulusan sarjana maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk bisa langsung bekerja. 

Terlebih pemerintah telah menyediakan berbagai formasi yang dapat dipilih sesuai dengan instansinya. Nah untuk dapat mendaftar CPNS dan PPPK ini dapat diakses melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui situs resmi pendaftaran ASN di laman https://SSCASN.bkn.go.id/.

Namun sebelum mendaftar kalian harus pastikan dokumen pendaftaran lengkap. Pertama kalian harus membuat akun untuk mendaftar, syaratnya hanya dengan melampirkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan swafoto (Selfie). 

Kemudian setelah melakukan pendaftaran akun SSCASN 2023, peserta bisa langsung login. Lalu, melanjutkan pengisian biodata pendaftaran menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Meski begitu ada beberapa persyaratan bagi kalian yang ingin mendaftar CPNS maupun PPPK ini.

Syaratnya untuk PPPK tenaga kesehatan pelamar termasuk dalam kriteria formasi kebutuhan khusus untuk bisa melamar pada formasi atau kebutuhan umum PPPK Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan. 

Lalu, pelamar yang berasal dari fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta tidak harus terdata di SISDMK.

Selain itu pelamar tenaga kesehatan yang sedang tidak bekerja bisa melamar PPPK JF Kesehatan Tahun 2023 hanya pada formasi umum. 

Selanjutnya, untuk pelamar yang termasuk pada formasi khusus diperbolehkan melamar di fasilitas kesehatan lain dengan ketentuan.

Pertama, jika melamar pada instansi yang sama maka dalam kategori formasi atau kebutuhan khusus.

Kedua, jika melamar pada instansi yang berbeda maka masuk dalam kategori formasi atau kebutuhan umum. 

Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana mengecek formasi CPNS dan PPPK ini, kalian bisa mengunjungi laman resmi bkn melalui situs sscasn.bkn.go.id.

Dengan mengklik situs tersebut maka akan muncul laman SSCASN BKN yang bertuliskan Selamat Datang di Portal ASN Karier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: