Dana FIFA Forward Untuk Indonesia Dibekukan, Segini Nilainya

Dana FIFA Forward Untuk Indonesia Dibekukan, Segini Nilainya

Foto: FIFA Forward berupa kucuran anggaran untuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) senilai lebih dari 5,6 juta dolar Amerika Serikat atau hampir Rp90 miliar dibekukan.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Buntut dicabutnya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-18. Federasi Sepak Bola dunia alias FIFA memberikan sanksi adminitrasi, berupa pembekuan dana FIFA Forward 3.0.

Apa itu dana FIFA Forward? Berikut radarmetro.disway.id rangkumkan mengenai dana FIFA Forward.

Ketua PSSI Erick Tohir kembali berjumpa dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Paris, Kamis (6/4/2023), untuk membahas langkah transformasi sepak bola Indonesia selanjutnya sebagai tindak lanjut pertemuan mereka di Qatar pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Ketua PSSI mempresentasikan draf pertama renstra sepak bola Indonesia untuk meyakinkan FIFA dalam pemberlakuan sanksi.

Hasil pertemuan keduanya, FIFA langsung mengumumkan sanksi yang diberikan kepada Indonesia melalui situs resmi fifa.com .

"Presiden FIFA menjelaskan bahwa, setelah pertemuan minggu lalu, Administrasi FIFA, sebagai sanksi, untuk sementara merekomendasikan pembatasan penggunaan dana FIFA Forward sampai pemberitahuan lebih lanjut dan sekarang akan menilai secara menyeluruh rencana strategis yang telah disajikan hari ini sebelum mengangkat sanksi ini."

"Pada saat yang sama, dia menegaskan kembali komitmen penuh FIFA untuk mendukung PSSI dalam proses transformasi penting ini dan akan memberikan bantuan yang diperlukan jika diperlukan."

Berapa Dana FIFA Forward 3.0?

FIFA Forward dimaksudkan sebagai dana santunan yang diberikan oleh FIFA kepada anggotanya dengan tujuan pengembangan sepak bola. Tentunya pemanfaatan dana ini bakal dimintai pertanggungjawabannya.

Dikutip dari situs bola.com, Jumat (7/4/2023), program FIFA Forward 3.0 diluncurkan pada Januari 2023 lalu. Di mana setiap anggota FIFA yang disetujui akan mendapatkan bantuan dana santunan sebesar 5,6 juta dolar Amerika Serikat atau hampir Rp90 miliar. 

Dana FIFA Forward 3.0 ini dikucurkan melalui tiga kategori. Kategori pertama sebesar 5,6 juta dolar Amerika Serikat, sementara dua kategori berikutnya dikucurkan sesuai kebutuhan masing-masing anggota FIFA.

BACA JUGA:FIFA Berikan Sanksi Indonesia

Misalnya, FIFA akan memberikan dana FIFA Forward kepada anggotanya yang membutuhkan anggaran untuk proyek yang lebih spesifik dan bersifat jangka panjang. Besarannya mencapai 3 juta dolar AS atau setara Rp46 miliar.

Lalu yang ketiga senilai 1,2 juta dolar AS atau Rp18,5 miliar yang diperuntukkan sebagai operational and accomodation cost buat tim nasional dan juga kebutuhan perlengkapan selagi sangat diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: