Ustad Abdul Hakim Ajak Muslim Sinari Diri dengan Alquran

Ustad Abdul Hakim Ajak Muslim Sinari Diri dengan Alquran

Foto: Ustadz Abdul Hakim saat memberikan Kultum Subuh di Masjid Al-Hidayah, Desa Jabung, Jalan Talangjaya, Dusun III, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur.-(Sasongko)-

RADARMETRO - Bulan Ramadhan 2023 menyisakan 10 hari lagi, Ustad Abdul Hakim sampaikan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan.

"Optimalkan proses menuzulkan Alquran

dalam pikiran dan akal hati dan perasaan

kesadaran gerak dan lingkaran," kata Abdul Hakim.

Ia juga menyampaikan, sebaiknya di sisa Ramadhan sinari diri dengan Alquran melalui optimalisasi ibadah, syiam, dan qiyam di 10 terakhir Ramadhan.

Lantas apa itu syiam dan qiyam? Dilansir dari berbagai sumber qiyam adalah jalan dhahir dengan serangkaian bacaan dan gerakan yang kasat mata sedangkan shiyam adalah jalan batin, tanpa suara, tanpa rupa.

Kedua jalan ini harus ditempuh oleh seorang hamba sebagai prosesi penyucian ragawi dan rohani demi untuk menyerap secercah cahayaNya. Tak hanya itu, Abdul Hakim menyampaikan agar umat muslim berusaha menemukan malam lailatul qodar.

BACA JUGA:Himadikmi FKIP UM Metro Gelar Bagi Takjil dan Buka Bersama

"Selanjutnya beritiqaf, pertajam rasa batiniyah keimanan dan ketaqwaan. Mari temukan malam lailatul qodar. Khoirum min alfi sahr," ucap anggota DPD RI Wilayah Lampung itu.

Menjelang akhir Ramadhan, Ustaz Abdul Hakim menyampaikan, Allah SWT menciptakan manusia ke muka bumi ini tidak lain dan tidak bukan kecuali hanya untuk beribadah.

"Alquran surat Az Zariyat Ayat 56 menegaskan tugas makhluk ciptaan Allah SWT di dunia yaitu beribadah, bukan ingkar dan melakukan maksiat. Sehingga, setiap orang beriman haruslah taat dan patuh dengan yang menciptakannya.

“Ada ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah. Bahkan Allah tidak hanya memerintahkan kita untuk beribadah dan berbuat baik saja, melainkan berlomba-lomba dalam kebaikan,” pungkas Ustadz Abdul Hakim yang juga pembina Yayasan Daarul Hikmah Rajabasa Lampung.

BACA JUGA:Samuel Chukwueze Bawa Kemenangan Villarreal dari Kandang Real Madrid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: