Tim PkM UM Metro Gelar Workshop Pembudayaan Literasi Lokal Berbasis Android

Tim PkM UM Metro Gelar Workshop Pembudayaan Literasi Lokal Berbasis Android

Foto: Bentuk pengabdian UM Metro untuk masyarakat dan sekolah.-(Umi)-

RADARMETRO - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PkM) Universitas Muhammadiyah Metro yang lolos pendanaan hibah Kemdikbudristek Tahun 2023 menyelenggarakan Workshop Pembudayaan Literasi Numerasi Terinternalisasi Kearifan Lokal Berbasis Android

Workshop dilakukan kepada seluruh dewan guru SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik, Lampung Timur, Sabtu dan Minggu (23-24/9/2023).

Program PkM ini diketuai Dr. Dwi Rahmawati, M.Pd., yang merupakan Dosen Pendidikan Matematika berkolaborasi dengan Dr. Rahmad Bustanul Anwar, M.Pd., Dosen Pendidikan Matematika, Umi Hartati, M.Pd., Dosen Pendidikan Sejarah, dan Mustika, M.Kom., Dosen Ilmu Komputer. 

Kolaborasi bidang ilmu pendidikan matematika, sejarah dan teknologi ini penting dalam rangka membantu sekolah mewujudkan budaya literasi numerasi di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. 

Pada kegiatan ini, budaya literasi difokuskan pada pembelajaran yaitu melalui upaya penguatan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar terinternalisasi kearifan lokal berbasis android. 

Kegiatan tersebut diawali dengan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi workshop oleh narasumber. 

Ketua PkM Dr. Dwi Rahmawati, M.Pd., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik telah lama menjadi mitra dalam pelaksanaan catur dharma Perguruan Tinggi. 

Lebih lanjut Dwi menyampaikan bahwa kegiatan melibatkan mahasiswa lintas bidang ilmu.

“Kegiatan workshop juga melibatkan mahasiswa lintas bidang ilmu yaitu pendidikan dan teknologi/IT. Pelibatan ini untuk mendukung kebutuhan kegiatan pendampingan guru,” kata Dwi saat memberikan sambutan.

Dr. Dwi Rahmawati, M.Pd., mewakili tim PkM UM Metro mengucapkan terimakasih kepada sekolah atas sambutan dan kesediaan kerjasamanya. 

Ia juga berharap kegiatan ini dapat memberikan penguatan kompetensi guru sehingga terwujud budaya literasi pada aspek pembelajaran di sekolah.

Yudi Hermanto, S.Pd., Selaku Kepala Sekolah SMP Muhamamdiyah 1 Sekampung Udik mengungkapkan hal senada dalam sambutannya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang berkelanjutan. Kita sudah lama menjalin kerjasama dengan UM Metro. Alhamdulillah setiap tahun sekolah kami difasilitasi dalam pengembangan kompetensi guru maupun siswa” kata Yudi saat memberikan sambutan.

Yudi berharap kegiatan ini bisa memberikan penguatan kompetensi guru-guru di SMP Muhammadiyah Sekampung Udik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: