Pemda Bersama Perusahaan di Mesuji Sudah Salurkan 240 ribu liter Air Bersih Untuk Masyarakat

Pemda Bersama Perusahaan di Mesuji Sudah Salurkan 240 ribu liter Air Bersih Untuk Masyarakat

Foto : Tak kenal lelah, Pemda Mesuji bersama Perusahaan yang ada di Bumi Ragab Begawe Caram itu melakukan pendistribusian air bersih untuk masyarakat yang mengalami kekeringan dampak dari fenomena El Nino, Sabtu (07/10/2023)-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Sudah hampir memasuki bulan ketiga dampak dari fenomena El Nino atau kemarau panjang dirasakan oleh masyarakat di seluruh wilayah NKRI, tak terkecuali di Kabupaten MESUJI.

Warga pun mulai mengeluhkan kondisi musim panas seperti saat ini membuat kekeringan terjadi dimana-mana baik lahan pertanian maupun sumber mata air bersih untuk kebutuhan sehari-hari juga mulai sulit didapat.

Pemerintah Kabupaten Mesuji bersama seluruh perusahaan yang ada di Bumi Ragab Begawe Caram terus berupaya untuk mengatasi dampak kekeringan dengan melakukan suplai air bersih untuk masyarakat. Bahkan, air juga dibutuhkan untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering terjadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Ismail Fatoni, mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan pendistribusian air bersih di desa-desa dengan dibantu pihak perusahaan yang ada di Mesuji.

BACA JUGA:Warga Mesuji Curhat ke Ibu Gubernur Lampung Minta Air Bersih, Tim BPBD Respon Cepat

Menurutnya, dalam satu hari tak kurang dari 40 ribu liter air bersih disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Belum lagi untuk penyiraman debu agar masyarakat terhindar dari penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa).

"Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik antara Pemda dengan pihak perusahaan yang ada di Mesuji untuk saling mensuport dalam kegiatan penanggulangan dampak El Nino ini masyarakat bisa terbantu terutama untuk masalah krisis air bersih,"kata Ismail, Sabtu, (07/10/2023).

Dipaparkannya, bahwa selama satu bulan pihaknya bersama perusahaan-perusahaan di Mesuji melakukan pendistribusian air bersih sudah ada sekitar 60 desa yang tersebar di tujuh kecamatan dengan kuota perdesa tak kurang dari 40 ribu liter air bersih yang disalurkan.

BACA JUGA:Dampak El Nino, Sulpakar Kerja Keras Atasi Masalah Kebakaran dan Air Bersih

"Untuk jumlah air yang didistribusikan ke desa-desa itu sendiri sampai saat ini tak kurang dari 200 ribu liter yang sudah tersalurkan dan ini masih akan terus berlanjut sampai masyarakat tak kesulitan lagi mendapatkan air bersih,"tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: