Gerak Cepat Tangani Stunting, Pj Bupati Mesuji Keluarkan SE

Gerak Cepat Tangani Stunting, Pj Bupati Mesuji Keluarkan SE

Foto : Sekda Mesuji Syamsudin saat memantau kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan balita sekaligus pemberian vitamin A bulan Agustus-Oktober 2023 dalam rangka penanganan dan pencegahan stunting di Kabupaten Mesuji, Jumat (13/10/2023-(na-

RADARMETRO, MESUJI - Pemerintah Kabupaten MESUJI melalui Dinas Kesehatan setempat melaksanakan kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan balita sekaligus pemberian vitamin A bulan Agustus-Oktober 2023.

Kegiatan yang di pusatkan di Aula Kecamatan Tanjung Raya itu diikuti tak kurang dari 200 balita yang ada di wilayah kerja Posyandu Dahlia Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat (13/10/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji Yanuar Fitrian.SKM., menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut Surat Edaran Bupati Mesuji nomor : KS.15.00/6457/IV.04/MSJ/2023 tentang Pelaksanaan Pengukuran dan Penimbangan Seluruh Balita Serentak Terintegrasi Dengan Pelaksanaan Bulan Vitamin A dari Bulan Agustus 2023 menjadi Oktober 2023 di Kabupaten Mesuji.

"Kegiatan hari ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran bupati, dalam rangka penanganan Stunting di Mesuji melalui penimbangan berat badan balita dan validasi data stunting elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM),"jelas Yanuar.

Selain itu, pihaknya berharap melalui kegiatan ini bisa mencukupi jumlah data 30 persen data stunting itu terpenuhi semua dalam rangka mencapai data e-PPGBM 100 persen.

Sekretaris Daerah Mesuji  Syamsudin.S.Sos., yang sempat hadir mengatakan bahwa Pemkab Mesuji memang sedang gencar melakukan penanganan dan pencegahan stunting.

Hari ini pihaknya melalui Dinas Kesehatan melakukan kegiatan pengukuran dan penimbangan seluruh balita secara serentak dan terintegrasi sekaligus pemberian vitamin A bulan Agustus-Oktober 2023.

BACA JUGA:Ketua TPKK Mesuji Bantu Anak Berisiko Stunting di Wisata Religi

"Saya hari ini melihat pelaksanaan kegiatan penanganan Inflasi, Operasi Pasar di Desa Bujung Burung dalam rangka melihat standar stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Kemudian ini dilanjutkan dengan penimbangan berat badan balita dan pemberian vitamin A sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Mesuji tentang Penanganan Stunting,"Kata Sekda.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Brabasan, Siti Fadilah memaparkan bahwa sasaran balita di wilayah kerjanya ada sekitar 306 balita.

Sampai dengan siang ini baru sekitar 200 balita yang hadir.

"Sementara sisanya nanti oleh kader posyandu didampingi bidan desa akan di sweeping langsung secara door to door,"ucap Kapus.

Siti menambahkan, selain kegiatan Penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan balita serta pemberian vitamin A bulan Agustus-Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: