Daftar 45 Madrasah Penerimaan Penghargaan Adiwiyata 2023

Daftar 45 Madrasah Penerimaan Penghargaan Adiwiyata 2023

Foto: Salah satu sekolah atau Madrasah di bawah naungan Kemenag RI sebagai penerima Penghargaan Adiwiyata 2023.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Sebanyak 45 sekolah atau Madrasah di bawah bawah Naungan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menerima Penghargaan Adiwiyata periode 2023. 

Adapun 35 Madrasah berhasil meraih penghargaan di kategori Adiwiyata Nasional, sedangkan 10 lainnya memperoleh kategori Adiwiyata Mandiri.

Dilansir dari kemenag.go.id, Madrasah adalah lembaga pendidikan formal yang mengacu pada kurikulum nasional, tetapi memiliki muatan lokal Agama Islam yang lebih banyak.

Madrasah di bawah naungan Kemenag di antaranya Madrasah Ibtidaiyah (MI) setingkat Sekolah Dasar (SD).

Kemudian Madrasah Tsanawiyah (MTs) setingkat Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP).

Dan yang terakhir Madrasah Aliyah (MA) setingkat Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA).

Penghargaan Adiwiyata merupakan program penghargaan yang diberikan oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

Program ini dipelopori Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan.. 

Dalam pelaksanaannya, siswa maupun guru di sekolah melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

"Penerima penghargaan Adiwiyata dinilai telah berhasil menerapkan praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup di sekolah dan sekitar sekolah," tulis keterangan resmi Kemenag yang dilihat pada Sabtu (21/10/2023).

BACA JUGA:Keputusan MK Berujung Gibran Jadi Cawapres Dampingi Prabowo Subianto

Penghargaan Adiwiyata ini diumumkan pada 17 Oktober 2023 lalu, oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Hasilnya, sebanyak 40 sekolah atau Madrasah di bawah naungan Kemenag memperoleh penghargaan Adiwiyata 2023 kategori Mandiri dan Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: