100 TAHUN PONDOK PESANTREN GONTOR

100 TAHUN PONDOK PESANTREN GONTOR

Foto: Wakil Rektor UM Metro Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed dan Staf Ketua MUI Kota Metro Lampung-(Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed)-

RADARMETRO - Pondok Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam asli Indonesia dan tentunya telah berabad-abad memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata dalam memajukan pendidikan, dakwah dan social dan lainnya di Indonesia pada khususnya.

Di Pondok Pesantrenlah telah ditanamkan akidah, ketrampilan, wawasan,  adab, karakter serta kepribadian yang luhur serta mendapatkan berbagai ilmu  pengetahuan, wawasan dan pengalaman. 

Tepatnya hari ahad  Minggu (22/10/2023) di Jakarta, Dalam rangka memperingati 100 Tahun Pondok Pesantren Gontor,  Puluhan ribu alumni Pondok Pesantren Gontor melakukan jalan sehat berkumpul di  memadati Monas dan berkomitmen untuk tetap untuk merajut ukhuwah dan kebersamaan serta persatuan Indonesia, hadir pada acara tersebut Pimpinan Pondok Pesantren Gontor, KH.Hasan Abdullah Sahal, KH.Amal Fathullah Zarkasyi, Akrim Mariyat, Rektor UNIDA Hamid Fahmi Zarkasyi, Hidayat Nur Wahid,  Din Syamsudin serta para tokoh alumni serta para guru senior ikut memeriahkan acara tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Panitia acara 100 Tahun Gontor Hamid Fahmy Zarkasyi yang juga Rektor UNIDA mengatakan acara ini bertajuk 'Tajammu', yang bermakna  adalah berkumpul, dan 'Darussalam' berarti berdamai,  beliau  mengatakan bahwa hal itu menjadi visi 100 tahun Pondok Pesantren Gontor agar Indonesia selalu damai untuk persatuan.

BACA JUGA:Film Imam Tanpa Makmum, Tayang di Bioskop di Sejumlah Kota

Sebelumnya ada  ribuan atau bahkan jutaan santri dan alumni Pondok Pesantren Gontor  melakukan sujud syukur secara luring maupun during pada 27 Septermber 2023.

Acara Sujud Syukur ini dipusatkan di Balai Pertemuan dan Masjid Jami’ Pondok Pesantren Gontor Ponorogo. 

Dilanjutkan dengan khataman yang diikuti oleh seluruh santri, sebagai bentuk rasa syukur atas usia 100 tahun Pondok Pesantren Gontor. 


Foto: Memperingati 100 Tahun pondok pesantren Gontor -(Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed)-

Sejumlah tamu undangan yang dijadwalkan hadir antara lain Wakil Rais 'Aam PBNU & Ketum MUI KH Anwar Iskandar, Ketua PP Muhammadiyah Dr. K. H. Saad Ibrahim, M.A, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Qur'an (LPMQ) Abdul Aziz Sidqi dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, din Syamsudin  dan para alumni serta undangan yang ikut hadir pada acara tersebut.

Hamid Fahmy Zarkasyi dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa, beberapa tahun yang lalu, Indonesia sempat terpecah belah, beliau berpesan, di tahun politik saat ini, seluruh umat Islam dapat memilih pemimpin yang terbaik.

Selain itu, Kita yang hadir diharapkan dapat  menyuarakan visi kedamaian, dalam situasi yang beberapa tahun lalu kita terbelah-terbelah. 

Berdamai saja lah bersatu saja lah karena kita sesama bangsa Indonesia dan kita menghadapi tantangan yang lebih besar lagi ke depan. 

Kalau tidak satu tidak damai sulit kita membangun," apalagi dalam menyambut tahun Politik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: