Kabar IAIN Metro Berubah Jadi UIN Semakin Kuat!

Kabar IAIN Metro Berubah Jadi UIN Semakin Kuat!

Foto: IAIN Metro segera berbubah bentuk menjadi UIN Jurai Siwo Lampung.-(Istimewa)-

RADARMETRO – Perubahan fungsi dan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Lampung, menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) semakin menguat, Selasa (31/10/2023).

Hal itu muncul ke permukaan usai gelaran Focus Group Discussion (FGD) Alih Bentuk 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di Jakarta pada 28-29 Oktober 2023.

Pembahasan FGD kali ini sudah mengerucut terkait persiapan serta kesiapan berkas masing-masing PTKN untuk segera beralih bentuk.

Semula Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) akan menjadi IAHN, kemudian STAIN menjadi IAIN, dan untuk IAIN menjadi UIN.

Di mana dalam gelaran tersebut kampus IAIN Metro menjadi satu dari 10 PTKN di seluruh Indonesia yang hadir sebagai peserta.

Kegiatan FGD dipimpin oleh Sekjen Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Nizar Ali.

Kemudian, sebagai narasumber menghadirkan PLT Kabiro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) dan Kelembagaan Kemenag RI Nuruddin.

Kegiatan tersebut juga dihadiri  Kasi Otala dan Kelembagaan Kemenag RI Luqman Hakim.

“Iya kita menjadi peserta, jadi seluruh Rektor dan ketua PTKN yang akan bertransformasi hadir waktu itu didampingi oleh masing-masing ketua tim alih bentuk PTKN,” ujar Rektor IAIN Metro Siti Nurjanah.

Dijelaskan oleh Nurjanah hasil kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu menyatakan 10 PTKN telah siap berubah bentuk, termasuk IAIN Metro.

BACA JUGA: Cantik dan Tegas, Mahasiswi IAIN Metro Ini Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023


Foto 2: Berkas pengajuan perubahan bentuk IAIN Metro dinyatakan sudah lengkap dan siap dibahas sepanjang topik.-(Istimewa)-

“Pak Luqman Hakim, mewakili Biro Ortala menyampaikan laporan terkait kesiapan 10 PTKN menghadapi alih bentuk ini, dan IAIN Metro adalah salah satu PTKN yang telah memenuhi syarat,” jelasnya.

Nurjanah mengatakan proses selanjutnya, yakni pembahasan bersama lintas kementrian yang dijadwalkan akan berlangsung pada November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: