Dinkes Terbitkan SE Waspada Penyakit Cacar Monyet, Warga Kota Metro Diminta Lakukan ini!

Dinkes Terbitkan SE Waspada Penyakit Cacar Monyet, Warga Kota Metro Diminta Lakukan ini!

Foto : Kepala Dinkes Kota Metro Eko Hendro Saputro saat dikonfirmasi radarmetro.disway.id.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Penyakit Cacar Monyet (Monkeypox) yang menyerang sejumlah wilayah di Indonesia mulai diantasipasi. 

Di mana hingga 30 Oktober 2023 lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merilis sebanyak 27 kasus Cacar Monyet ditemukan di Indonesia. 

Menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan langkah cepat dengan menerbitkan surat edaran (SE). Surat edaran tersebut ditujukan ke seluruh fasilitas kesehatan (Faskes) di Kota Metro. 

Dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kepala Dinkes Kota Metro, Eko Hendro Saputro membenarkan hal tersebut. Ia mengaku hingga kini belum ditemukan penyakit Cacar Monyet tersebut di Kota Metro. 

"Alhamdulillah belum ada kasus Cacar Monyet ditemukan di Kota Metro," ujarnya, Selasa (31/0/2023). 

Meski begitu, kata dia, langkah antisipasi juga akan terus dilakukan agar penyakit tersebut tidak ditemukan di Kota Metro. 

"Tapi kita akan terus lakukan langkah antisipasi. Salah satunya seperti dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," terangnya. 

Terpisah, Kabid Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Verawati Nasution menjelaskan, langkah antisipasi penyakit Cacar Monyet tersebut dilakukan dengan mengimbau masyarakat untuk menerapkan PHBS.

BACA JUGA:Pasca Musibah Tenggelam di Lokasi Wisata Dadakan, ini Pesan Walikota untuk Warga Metro!

"PHBS harus digalakan masyarakat. Contohnya dengan menjaga kebersihan badan dan lingkungan," terangnya. 

Menurutnya, meski belum ditemukan kasus penyakit Cacar Monyet di Kota Metro, namun masyarakat harus tetap berhati-hati. 

"Alhamdulillah untuk di Metro sampai hari ini tidak ditemukan. Tapi memang di luar daerah ada yang sudah mulai terpapar," terangnya, Selasa (31/10/2023).

Lebih lanjut, Vera mengungkapkan, bahwa Dinkes telah menerima surat edaran dari Dinkes Provinsi Lampung. Surat edaran tersebut berisi tentang pencegahan dan pengendalian virus Cacar Monyet.

"Kami juga sudah menerima surat edaran dari Dinkes Provinsi Lampung. Isinya tentang pencegahan dan pengendalian penyakit Cacar Monyet ini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: