Sulpakar Usulkan 1.356 kWh dan Jaringan Listrik, Kementerian ESDM 2024 Janji Prioritaskan Mesuji .

Sulpakar Usulkan 1.356 kWh dan Jaringan Listrik, Kementerian ESDM 2024 Janji Prioritaskan Mesuji .

Foto : Pj Bupati Mesuji, Drs Sulpakar didampingi Asisten II Beddi, Kadis LH, Agung Subandara , dan Kepala Bapelitbangda Abu Rosid saat bertemu dengan Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM -RI Ir. Wanhar guna memperjuangkan keingina-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MESUJI melakukan kunjungan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( Kementerian ESDM). Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati (Pj) MESUJI Drs.Sulpakar.MM., dengan didampingi sejumlah pejabat utamanya, dalam rangka mengajukan kembali pemasangan kWh gratis untuk tahun 2024 mendatang.

Kunjungan Pemkab Mesuji yang diterima oleh Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan yakni Ir. Wanhar ini, ingin menyampaikan sejumlah poin usulan untuk tahun 2024 mendatang. Yakni, mengusulkan kembali bantuan pemasangan kWh gratis melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) sebanyak 1.356 rumah tangga dan permohonan jaringan listrik untuk Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kamis (30/11/23).

Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM Ir. Wanhar menyampaikan apresiasi atas keseriusan Sulpakar membangun dan membantu masyarakat Mesuji terutama rasio elektrifikasi rumah tangga. Pihaknya berjanji akan memprioritaskan program BPBL untuk Kabupaten Mesuji di tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Dekranasda dan Koperindag Mesuji Gelar Pelatihan Sulam Ulat dan Tapis

"Kami janji akan prioritaskan usulan BPBL Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Mesuji serta usulan jaringan listrik di Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kabupaten Mesuji ini," ungkap Ir. Wanhar.

Namun, untuk jaringan listrik di Desa Talang Baru ini, pihaknya akan berkoordinasi dulu dengan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait kawasan hutan yang akan dipakai untuk pemasangan tiang atau jaringan listriknya nanti.

"Kalau untuk usulan jaringan listrik nya, kami koordinasikan dulu dengan KLHK untuk pinjam pakai kawasan hutan. Dinas Lingkungan Hidup Mesuji juga saya minta terus berkoordinasi dengan pihak KLHK ya. Optimis usulan ini dapat segera terealisasi sesuai harapan kita," tegas Dirjen Ketenagalistrikan ESDM.

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar sangat berharap usulan program yang dibawanya ini akan dikabulkan Kementrian ESDM, mengingat Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu ini sudah sangat lama memimpikan dan menginginkan kehidupan normal seperti tempat lainnya yang teraliri listrik PLN.

"Mengingat Mesuji memiliki keterbatasan anggaran untuk membantu masyarakat soal pemasangan listrik PLN, khususnya di Desa Talang Batu ini, maka kami berharap pemerintah pusat melalui kemen ESDM ini agar bisa mewujudkan mimpi masyarakat Talang Gunung yang sudah terpendam selama puluhan tahun silam," kata Sulpakar dihadapan Dirjen Ketenagalistrikan ESDM.

Sulpakar juga menyampaikan ucapan terimakasih karena tahun 2023 ini, Kementrian ESDM telah memberikan bantuan pemasangan kWh listrik gratis melalui Program BPBL sebanyak 314 rumah tangga tidak mampu. Program ini sangat penting, karena dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

"Kami berharap, program listrik gratis ini bisa terus berlanjut dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas di Bumi Ragab Begawe Caram," tutupnya.

BACA JUGA:Satlantas Polres Mesuji, Gelar Jum'at Curhat di Balai Desa Simpang Pematang

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Mesuji melakukan kunjungan kerja ke Kemen ESDM, Asisten ll Beddi, Kepala Bappelitbangda, Abu Rosid, Kadis LH Agung Subandara dan diterima oleh Ir. Wanhar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Dirjen Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: