Libur Lebaran, Peserta JKN Tetap Dapat Layanan BPJS Kesehatan

Libur Lebaran, Peserta JKN Tetap Dapat Layanan BPJS Kesehatan

Foto : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Metro memastikan tetap akan memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama libur lebaran. Pelayanan diberikan mulai 19 - 21 April 2023 dan 24 - 25 -(MH Naim)-

RADARMETRO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Metro memastikan tetap akan memberikan pelayanan Kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pelayanan akan diberikan pada masa libur lebaran yakni mulai periode 19 - 21 April 2023 dan 24 - 25 April 2023 pukul 08.00 - 12.00 waktu setempat.

Demikian disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro, Wahyudi Putra Pujianto, Senin (17/4/2023). Ia mengatakan, bahwa BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan Program JKN. Artinya, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun, termasuk saat libur lebaran.

"Jadi dengan adanya kebijakan khusus selama libur lebaran 2023, ini dapat memastikan peserta JKN tetap terlayani dengan mudah, cepat, dan setara. Akses pelayanan sangat terbuka bagi peserta di saat masa libur lebaran tahun 2023. Ini sebagai komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta,"  kata Wahyudi. 

Menurutnya, BPJS Kesehatan juga akan memberikan pelayanan bagi peserta dapat mengakses layanan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Apabila peserta berada di luar daerah tempat asalnya, peserta masih dapat mengakses di Fasilitas kesehatan yang bukan tempat dirinya terdaftar.

"Apabila peserta dalam kondisi kegawatdaruratan medis, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta. Karenanya apabila peserta mengalami kendala saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, mereka dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penganan Pengaduan (PIPP)," ungkapnya.

BACA JUGA:Bonus Total Rp2,6 Miliar Untuk Atlet dan Pelatihan di Metro Cair

Selanjutnya, khusus pelayanan di rumah sakit, BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu). Ini untuk mempermudah dalam mengakses informasi pelayanan. "Petugas BPJS SATU! juga melayani peserta yang apabila menemukan kendala di rumah sakit," jelasnya. 

Ia menambahkan, selain pelayanan di kantor cabang peserta juga dapat memanfaatkan layanan digital Program JKN untuk memenuhi kebutuhan administrasi Program JKN. Ini seperti pada Aplikasi Mobile JKN, Chat Asisstant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA), Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) hingga BPJS Kesehatan Care Center 165. 

"Kemudian untuk lebih menjangkau masyarakat dalam membuka akses layanan, BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan layanan jemput bola melalui Mobile Customer Service (MCS). Layanan tersebut hadir di berbagai lokasi yang ramai dikunjungi oleh masyarakat," paparnya. 

Diketahui, untuk mengoptimalkan sistem teknologi dan Informasi selama masa libu lebaran, BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan tim Posko Terpadu Siaga Ramadhan dan Idul Fitri (POSKO RAFI). Nantinya, tim tersebut akan melakukan pemantauan terhadap sistem teknologi informasi dalam pelayanan, penaganan kendala sistem, menjaga perlindungan data pribadi hingga keamanan siber dari upaya akses ilegal.

BACA JUGA:Ratusan Personel Gabungan Polres Metro Bakal Amankan Mudik Lebaran 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: