Realisasi PAD Retribusi Pasar Kota Metro Over Target

Realisasi PAD Retribusi Pasar Kota Metro Over Target

Foto: Kepala Disdag Kota Metro Elmananisaat menjelaskan target PAD yang dikelola over target hingga 115 persen.-(Ria Riski Ap)-

RADARMETRO - Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro, sektor retribusi pelayanan pasar lampaui target yang telah ditetapkan. Tercatat pada tahun 2022, realisasi PAD dari sektor retribusi tersebut sebesar 115 persen. 

Dikonfirmasi awak media, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro Elmanani mengatakan, untuk realisasi PAD dari sektor pasar diberbagai wilayah di Kota Metro pada tahun 2023 mencapai Rp.1.237.127.000 atau sebesar 115 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp.1.070.000.000. 

Sementara itu, untuk tahun 2023 ini Disdag Kota Metro dalam proses penggalian potensi ketercapaian PAD yang dikelolanya melalui uji petik di sejumlah pasar hingga kawasan lapang tak terpakai diarea pasar. 

"Untuk target PAD yang kami kelola, tahun ini kita telah lakukan uji petik ke sejumlah pasar. Ini untuk mengetahui besarnya potensi pajak dari target yang ditetapkan," ujar Kepala Disdag Kota Metro Elmanani, Jumat (27/1/2023). 

BACA JUGA:Tingkatkan Pencapaian Target PAD, Disdag Metro Berlakukan Uji Petik

Ia mengatakan, uji petik dilakukan dengan meninjau sejumlah kios dan hamparan di lokasi pasar di Metro. Kegiatan tersebut dilakukan selama 2 minggu. 

"Nantinya setelah dilakukan uji petik ini kita akan mengirimkan besaran target hasil uji petik ke Badan Retribusi dan Pendapatan Daerah (BPPRD)," jelasnya.

Menurutnya, setelah uji petik tersebut dilakukan nantinya akan dikeluarkan Surat Ketetapan Retribusi (SKR). Selanjutnya baru diketahui besarnya ketetapan atau target PAD yang dikelola Disdag. 

"Untuk data seluruhnya saat ini masih dalam proses rekapitulasi. Untuk target dan realisasi kita harapkan akan naik tahun ini melebihi tahun lalu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: