DKP3 Pastikan Stok Daging Aman, Harga Capai Rp140 Ribu per Kg

DKP3 Pastikan Stok Daging Aman, Harga Capai Rp140 Ribu per Kg

Foto : Stok daging di sejumlah pasar di Kota Metro aman. Harga daging hingga kini menembus angka Rp140 ribu per kg.-(Ria Riski Ap)-

RADARMETRO - Menjelang hari raya Idul Fitri, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Metro memastikan stok daging sapi aman. Pasalnya, ketersediaan daging cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Metro. 

Demikian disampaikan Kepala DKP3 Kota Metro, Hery Wiratno melalui 

Kabid Peternakan dan Keswan, DKP3 Metro, Lina Oktira, Senin (17/4/2023). Ia mengatakan, untuk stok daging di Kota Metro ini cukup untuk memenuhi kebutuhan warga menjelang Lebaran tahun ini. Terlebih untuk di Metro dalam satu kandang sapi, mampu menghasilkan daging yang hingga lima ton.

"Stok daging aman, tapi bukan berarti harga daging di pasar di Kota Metro tidak mengalami kenaikan. harga daging sapi sebelum Lebaran biasanya ada di angka Rp130 ribu sampai Rp140 ribu per kg," ungkapnya. 


Foto 2: Daging dibekukan.-(Ria Riski Ap)-

BACA JUGA:Jalan Rusak Hanya Ditimbun Bebatuan, Pemkot Metro Serius?

Diakuinya, kenaikan harga menjelang Lebaran sering terjadi seiring meningkatnya jumlah permintaan masyarakat. Bila sebelumnya harga daging hanya mencapai kisara Rp120 ribu per kg, menjelang Lebaran bisa naik menjadi Rp140 ribu per kg. 

"Kalu untuk prediksi harga daging ini bisa menembus harga Rp140 ribu per kg. Ini terutama saat H-1 sampai dengan H-2 lebaran nanti," katanya. 

Sebagai langkah antisipasi, lanjut Kina, pihaknya telah bekerjasama dengan sejumlah pengusaha untuk menyediakan daging beku. Harga daging ini jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran. 

"Untuk daging yang masuk ke Kota Metro sudah melalui pemeriksaan dan aman. Kami juga selalu mengingatkan pemasok daging beku untuk meminta Surat Keterangan dari dinas," tukasnya.

BACA JUGA:Libur Lebaran, Peserta JKN Tetap Dapat Layanan BPJS Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: