Libur Lebaran, Dinkes Pastikan Puskesmas Buka Layanan Kesehatan

Libur Lebaran, Dinkes Pastikan Puskesmas Buka Layanan Kesehatan

Foto : Kepala Dinkes Kota Metro Eko Hendro memastikan akan memberikan pelayanan kesehatan selama libur Lebaran di sejumlah puskesmas di Metro.-(Ria Riski Ap)-

RADARMETRO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro memastikan tetap membuka pelayanan Kesehatan bagi masyarakat selama libur Lebaran. pelayanan Kesehatan diberikan di sejumlah puskesmas dan rumah sakit di Bumi Sai Wawai. 

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Kota Metro, Eko Hendro, Selasa (18/4/2023). Ia mengatakan, untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas selama libur Lebaran dilakukan dengan sistem jadwal piket. Ini termasuk pelayanan kesehatan pada semua fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. 

"Jadi selama libur Lebaran ini puskesmas tetap buka. Pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan  BPJS Kesehatan juga tetap memberikan pelayanan," ujarnya. 

Menurutnya, selain pelayanan di Puskesmas pihaknya juga membuka pelayanan kegawatdaruratan kesehatan bagi masyarakat oleh Publik Safety Center (PSC). Di fasilitas ini masyarakat bisa menghubungi nomor 119 untuk mendapatkan pelayanan kegawat daruratan.

"Katena di PSC ini kita memberikan pelayanan kesehatan dan ambulance selama 24 jam sehari. Kantornya berada di Dinas Kesehatan," terangnya.

BACA JUGA:Bima Bebas Tuduhan, Laporan Ginda Ansori Tak Dilanjutkan Polda Lampung

Ia menjelaskan, selain menggunakan Call Center di 119, masyarakat Kota Metro juga dapat menghubungi nomor pelayanan kesehatan di nomor 08218643119. Pelayanan kesehatan ini diberikan untuk pelayanan kegawat daruratan dan pelayanan ambulance.

"Jadi bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kegawat daruratan bisa langsung menghubungi di dua nomor itu. Nanti petugas akan datang untuk memberikan pelayanan kesehatan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, tambah Eko, pelayanan kesehatan juga diberikan di 3 posko mudik lebaran. Ketiga posko tersebut diantaranya berada di Pos Pengamanan Ganjaragung, Taman Merdeka dan Pos Pengamanan di Yosodadi.

"Di posko mudik ini pelayanan dibuka mulai 18 April 2023 sampai dengan 2 Mei 2023. Nantinya di setiap pos untuk bidang kesehatan ini akan dijaga oleh 2 orang tenaga kesehatan dan 1 ambulance yang berjaga di dua sift. Yakni pagi mulai jam 8 sampai dengan 2 siang, sedangkan jaga sore mulai jam 2 siang sampai dengan 10 malam," paparnya.

BACA JUGA:Membanggakan, 31 Mahasiswa UM Metro Ikuti Kuliah Perdana dengan Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: